Uskup Agung Keuskupan Merauke sekaligus Administrator Apostolik Keuskupan Amboina Mgr. Petrus Canisius Mandagi mengakui Pemerintahan saat ini, baik oleh Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), banyak menyelesaikan pembangunan rumah ibadah dan banyak pula yang sementara dibangun.

Pengakuan ini dikemukakan Uskup Mandagi, dalam sambutannya pada peresmian dan penthabisan Gedung Gereja Santo Servasius Stasi Sathean serta gedung Pastoran, Senin.

"Di masa pemerintahan Gubernur sekarang ini luar biasa, banyak rumah ibadah yang selesai dibangun, juga di masa Bupati ini juga luar biasa, banyak Gereja disini selesai dibangun," ungkap Mandagi.

Terimakasih kepada pemerintah yang sudah membangun rumah rumah ibadah, bukan hanya Gereja Katolik tapi juga gedung ibadah yang lain.

Baca juga: Uskup Agung Merauke: umat Katolik tidak mau divaksin bisa berdosa

"Dan saya pernah mengatakan kepada Bupati, jangan cuma memperhatikan Gereja Katolik saja, harus adil, cinta dan kasih memperhatikan juga Masjid dan juga Gereja Protestan serta rumah ibadah lainnya," ujar Mandagi.

Selain itu, hadirnya Pemerintah baik Provinsi maupun Malra dan juga Kota Tual pada persemian dan penthabisan Gereja ini menandakan pemerintah kita memperhatikan kelompok-kelompok agama termasuk kelompok agama Katolik di Maluku.

Jadi, tidak ada diskriminasi pada kelompok-kelompok agama tertentu dan tidak ada juga perkelahian karena perbedaan agama, daerah ini dapat menjadi contoh bagi dearah lainnya di Indonesia, sekali lagi terimakasih Pemerintah, tandas Mandagi.

Mandagi kepada umatnya berpesan, apa artinya gedung gereja ini, gedung ini bisa hancur tapi yang tertinggal di dalam gedung Gereja adalah cinta Tuhan kepada masyarakat.

Umat harus berbangga memiliki gedung Gereja yang, tapi jaga dan rawatlah untuk tetap bersih, tidak boleh juga dibiarkan kosong.

"Gedung gereja menjadi sebuah kritik, kritik untuk kita semua, bahwa dalam semua perjalanan hidup, kita utamakan Tuhan di atas segala-galanya." pungkas Mandagi.

Baca juga: Murad Ismail Tekankan Perhatian Ke Tempat Ibadah Wujud Kepedulian Pemprov Dan Pemkab Malra
Baca juga: Awali Tahun 2022, Bupati Malra Resmikan Masjid Al Fidin Rere Ohoi Tuburlay

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022