Akses broadband Telkomsel mengalami peningkatan sebesar 13 persen di wilayah Regional Maluku dan Papua saat momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Peningkatan trafik di momen Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dari rata-rata playload hari biasa selama 2021," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin, dalam rilis yang diterima, Selasa.

Untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) tercatat mengalami penurunan. Trafik SMS turun hingga sekitar tiga persen dan trafik suara juga mengalami penurunan dua persen dibandingkan dengan hari biasa selama 2021.

Dari 15 titik Point of Interest (POI) yang tersebar di wilayah Regional Maluku dan Papua, sebanyak tujuh POI, difokuskan pada wilayah residensial dikarenakan perayaan Natal dan Tahun Baru yang masih berlangsung di tengah pandemi COVID-19, sehingga pelanggan masih menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.

Sementara delapan POI lainnya terdiri dari lima POI bandara dan terminal, dua lokasi publik, dan satu rumah sakit.

"Kenaikan payload_ tertinggi di wilayah Regional Maluku dan Papua didominasi wilayah residensial ketimbang bandara atau tempat publik," katanya.

Sedangkan secara nasional, aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan digital semakin meningkat yang berdampak pada kenaikan payload jaringan broadband Telkomsel sebesar enam persen dibandingkan hari biasa di tahun 2021, atau tumbuh 22 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sedangkan pada malam pergantian Tahun Baru 2022, lonjakan trafik data mencapai 10 persen dibandingkan hari biasa 2021, atau meningkat hingga 20 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Secara keseluruhan, total trafik payload broadband Telkomsel selama momen Natal Tahun Baru 2021/2022 mencapai 44 Pb, atau tumbuh sekira 20 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Denny menambahkan, lonjakan trafik komunikasi layanan digital di periode NARU 2021/2022 tersebut juga didorong dengan peningkatan aktivitas layanan digital seperti akses layanan e-commerce yang tumbuh hingga 21 persen.

Akses social media mencapai 15 persen, aktivitas browsing tumbuh 11 persen, streaming video sekira 13 persen, mobile gaming melonjak 87 persen, dan akses communication (instant messaging dan video conference) mencapai 12 persen, dibandingan trafik pada hari biasa 2021.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022