Pemerintah Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Provinsi Maluku Utara, mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung festival seni dan budaya yang diselenggarakan pemuda setempat dalam persiapkan jelang Sail Tidore 2022.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen di Ternate, Rabu, mengatakan, dukungan pemuda untuk penyelenggaraan festival seni-budaya merupakan upaya dalam mensukseskan pegelaran Sail Tidore 2022.

"Pemuda dan pemudi Kelurahan Ome jadikan kegiatan Festival Seni dan Budaya sebagai diimplementasikan untuk kehidupan bermasyarakat, dan berharap agar kegiatan festival ini menjadi kegiatan rutin setiap tahunnya," katanya.

Festival Seni dan Budaya dengan mengusung tema dengan seni dan budaya merangkul serta mempererat tali persaudaraan masyarakat Kelurahan Ome.

Muhammad Sinen mengatakan, peserta yang belum berhasil keluar sebagai juara jangan berkecil hati dan teruslah berlatih, karena kegiatan ini tidak akan berakhir pada malam hari ini, akan tetapi berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Ketua Panitia Penyelenggara Festival Seni dan Budaya Abusalim Ismail dalam laporannya menyatakan, kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan Festival Seni dan Budaya, Kegiatan ini dibuka pada tanggal 24 Desember 2021 dan berakhir pada 4 Januari 2022.

Dalam kategori lomba seni dan budaya ini berupa lomba tarian, lomba karaoke, lomba qasidah, lomba adzan anak-anak, lomba bulu tangkis tingkat SD dan SMP, serta lomba Domino

Sementara itu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan menyatakan, telah mendapat dana Pemerintah pusat melalui DAK sebesar Rp75 miliar untuk pelaksanaan Sail Tidore di tahun 2022.

Wali Kota Tidore Capt Ali Ibrahim menyatakan, penundaan Sail Tidore dan diagendakan tahun 202 ini disebabkan karena perkembangan COVID-19 belum berakhir, namun dari dana Pemerintah pusat yang masuk ke Tidore dengan tujuan pelaksnaan Sail Tidore ini, salah satunya termasuk pembangunan terminal Rum, Pelabuhan Rum, terminal Galala dan pelabuhan Goto.

Dia mengatakan, dalam aspek pembangunan saat ini, Pemerintah pusat sudah memberikan perhatian cukup banyak terhadap pelaksanaan Sail Tidore.

Baca juga: Pemerintah pusat gelontorkan dana untuk Sail Tidore Rp75 miliar
Baca juga: PUPR Tikep akan konsultasikan konsep penyelenggaraan Sail Tidore, manfaatkan seoptimalnya

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022