Direktur Ambon Music Office (AMO), Ronny Loppies mengatakan Kota Metz, Prancis, menjajaki kerja sama sister city atau kota kembar bidang musik dan budaya dengan Kota Ambon.

Menurut dia di Ambon, Kamis, keinginan Kota Metz untuk menjajaki kerja sama dengan Kota Ambon disampaikan oleh delegasi tetap RI untuk Unesco.

Hal itu akan menambah kota yang sedang menjajaki kerja sama "sister city" bidang musik dengan Kota Ambon.

Sebelumnya, Kota Havana, Kuba, juga berkeinginan untuk menjajaki kerja sama kota kembar bidang musik dengan Kota Ambon. Hal itu disampaikan Duta Besar Republik Indonesia untuk Kuba Nana Juliana dalam webinar G-Cinc Expert Series, yang difasilitasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkeraf) RI, pada  Juni 2021. 

Menurut Ronny kerja sama "sister city" Kota Ambon dan Havana segera ditindaklanjuti melalui kunjungan ke Havana dijadwalkan pada Februari 2022.

Dia mengatakan kerja sama dan jejaring sesama kota kreatif merupakan hal yang lumrah. Saat ini ada 47 kota kreatif berbasis musik di bawah Unesco.

Ia menilai. melalui kolaborasi tersebut diharapkan akan memperkuat diplomasi lunak Indonesia dan mendorong konektivitas antarmasyarakat.

 Ambon maupun Havana dianugerahi Unesco sebagai kota musik dan kota kreatif masing-masing pada Oktober 2019.

Kerja sama "sister city" kota Ambon telah dimulai dengan Kota Vlissingen, Belanda, di bidang kesehatan; dan Kota Darwin, Australia, di bidang budaya dan pendidikan.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022