Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif,mengajak jajaran Pengadilan Tinggi (PT) Provinsi Maluku mengintensifkan kerja sama untuk mengawal  dan mempercepat Investasi di  daerah ini.

"Mari kita kawal dan mempercepat investasi di Provinsi Maluku sehingga dapat menekan angka kemiskinan," kata Kapolda saat bersilaturahim ke PT. Maluku, di Ambon, Rabu. 

Ia berharap, hubungan baik yang selama ini terjalin dengan PT Maluku dapat dipertahankan, bahkan ditingkatkan. 

"Sebagai Kapolda Maluku yang baru, dan dalam rangka kerja sama di bidang penegakan hukum, makanya berkunjung ke stakeholder yang ada, sehingga dapat bersinergi dalam Tupoksi dan kewenangan kita masing-masing," ujar Kapolda.

Dia mengakui,  penegakan hukum yang dilaksanakan Polda Maluku tidak terlepas dari sinergi  dengan PT. Maluku..

"Ini sama sebagaimana kita juga berkunjung ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Maluku, di mana pada  Kepres nomor 11 yang menjadi prioritas bersama di Provinsi Maluku," katanya.  

Kapolda juga membicarakan mengenai vaksinasi COVID -19, di mana Polri dan TNI terus mengawal percepatan dan kepatuhan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan. 

"Polda Maluku membuka akses dalam penindakan hukum maupun kerja sama di lapangan bersama PT Maluku," tandasnya.

Sedangkan, Ketua PT Maluku, Erwin Mangatas Malau, mengatakan, dalam penangangan hukum atau tindak pidana pihaknya bersama Polda Maluku akan bekerja secara profesional. 

Dalam proses penegakan hukum, menurut dia, bisa dilakukan diskusi jika terdapat perbedaan pendapat, mengingat pekerjaan pihaknya tidak terlepas dari pengamatan masyarakat. 

"PT Maluku memiliki 12  Hakim Tinggi, diharapkan sinergitas dengan Polda Maluku  dalam proses penegakan hukum," tegas Erwin.

Terkait COVID -19, dia mengemukakan, PT Maluku memang tidak bisa berperan secara aktif. "Apa pun, kami tetap mendukung Polri dan TNI dalam rangka mematuhi penerapan protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022