Komando Resor Militer (Korem) 152/Baabullah Ternate fokus meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 di Maluku Utara (Malut), terutama anak usia 6-11 tahun dan lanjut usia (lansia).

"Program vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini harus kita sukseskan, agar tujuan melindungi mereka dari paparan COVID-19 dan memberi keamanan saat mereka melakukan pembelajaran tatap muka di sekolah dan telah memerintahkan seluruh para dansat di jajaran Korem 152/Baabullah agar segera melaksanakan akselerasi vaksinasi, terutama bagi daerah yang pencapaiannya masih di bawah 60 persen, sehingga diharapkan dapat segera melaksanakan vaksinasi terhadap lansia dan anak-anak," kata Danrem 152/Baabullah Ternate Brigjen TNI Novi Rubadi Sugito di Ternate, Selasa.

Dia menjelaskan kedatangannya ke lokasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun ingin memastikan kegiatan vaksinasi di wilayah Korem 152/Baabullah berjalan lancar dan aman serta semuanya sesuai dengan ketentuan pemerintah pusat.

Dia juga mengajak seluruh elemen masyarakat bergandengan tangan melakukan percepatan capaian vaksinasi, terutama vaksinasi anak usia Sekolah Dasar.

Jenis vaksin untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun, adalah Sinovac atau vaksin jenis lainnya yang sudah ada Emergency Use Of Authorization (EUA) dari BPOM.

Untuk vaksin Sinovac, interval pemberian dosis 1 dan dosis 2 adalah 28 hari serta harus didahului dengan penapisan kesehatan sesuai dengan standar yang telah berlaku.

Dia mengharapkan vaksinasi anak di daerah itu bisa optimal karena bermanfaat mewujudkan kekebalan komunal dari penularan COVID-19.

Peluncuran vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun di Kantor Bupati Halmahera Selatan diikuti 181 anak dengan antara lain disaksikan jajaran forkopimda setempat.

Vaksinasi itu kerja sama pemkab dan TNI-Polri di daerah tersebut. Puluhan anak di antara 181 anak yang mengikuti vaksinasi, adalah anak-anak anggota Polres Halmahera Selatan dan Kodim 1509/Labuha.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022