Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menggelar tes usap antigen bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) guna mencegah klaster perkantoran.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia kota Ambon, Benny Selanno , di Ambon, Rabu, menyatakan, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menginstruksikan seluruh ASN,  tenaga honorer dan kontrak di lingkup Pemkot Ambon wajib mengikuti tes antigen.

"Tes antigen dimulai dilaksanakan hari ini(Rabu) di tribun lapangan Merdeka , diawali  dari OPD yang telah ditetapkan," ujarnya.

Ia mengatakan, tahap awal tes antigen telah dimulai dari petugas kesehatan dan dilanjutkan di sekolah bagi para siswa maupun guru.

"Petugas kesehatan akan mengunjungi setiap OPD yang belum terdaftar untuk didata dan melakukan tes antigen di setiap OPD," kata Benny.

Dijelaskannya, upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 bukan saja di sekolah, di kantor tetapi juga lingkungan masyarakat.

"Kita telah mulai dari aparat yang bertugas menangani penyebaran COVID-19. Mereka benar-benar orang yang steril dulu terutama ASN yang dikasih tanggung jawab untuk pelayanan kesehatan," ujarnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat khususnya ASN untuk disiplin mematuhi aturan protokol kesehatan, guna mengantisipasi virus varian Omicron.

"Saya minta ASN jangan mengabaikan penerapan Prokes. Pandemi COVID -19 belum berakhir dan masih mengintai kita hingga hari ini," tandas Benny.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022