Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) menyatakan, pengunjung dan wisatawan akan menikmati panorama objek wisata di Pulau Morotai dengan disediakan transportasi laut yang memadai.

"Kami telah menyediakan beberapa transportasi laut berupa kapal untuk melayani wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung ke sejumlah objek wisata," kata Kepala Dishub kabupaten Pulau  Morotai, Ahdad Hi. Hasan dihubungi dari Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, di Morotai ada beberapa unit kapal motor yang diberikan oleh pemerintah pusat tersebut bisa melayani wisatawan yang berkunjung ke beberapa pulau, diantaranya Pulau Dodola, Pulau Kolorai dan Pulau Zum-Zum.

"Bantuan kapal motor tersebut memang merupakan sarana transportasi khusus untuk menjangkau sejumlah pulau kecil di daerah ini yang memiliki potensi wisata," ujarnya.

Ahdad menyatakan, dengan adanya bantuan kapal ini, maka para wisatawan tidak kesulitan lagi mendapatkan sarana transportasi untuk menuju sejumlah pulau yang ada di Morotai.

"Memang selama ini kendalanya adalah minim sarana transportasi untuk menuju sejumlah pulau yang memiliki potensi wisata. Namun saat ini sudah ada sehingga bagi yang berwisata dengan keluarga sudah tidak lagi ada kesulitan," katanya.

Sedangkan, untuk biaya transportasi ke pulau wisata itu bervariasi, untuk sekali jalan, Daruba menuju Pulau Zum-zum Rp 15 ribu, sementara Daruba Kolorai Rp 20 ribu, dan Daruba Dodola Rp 25 ribu.

Oleh karena itu, Ahdad berharap kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas yang sudah disediakan itu dengan baik.

"Kami harap masyarakat memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang telah di siapkan oleh pemerintah," harapnya

Diketahui, jadwal pelayanan Bus Air, KMP. mulai beroperasi sejak tanggal 9-15 Februari 2022, dengan rute Daruba Zum-zum, Kolorai dan Dodola, pulang pergi, sementara jadwal tetap beroperasi hanya hari Rabu, Sabtu dan Minggu.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022