Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Ghani Kasuba meminta agar vaksinasi COVID-19 di seluruh kabupaten/kota di wilayah Malut jangan terhenti, meskipun kasus aktif COVID-19 berada di angka 915 orang dan ada tendensi akan melanda.

"Oleh sebab itu, saya meminta masyarakat untuk waspada dan jangan lalai dengan COVID-19 varian omicron,  tetapi bagi yang belum vaksinasi agar segera ikut vaksin untuk dapat menghindari meluasnya penyebaran COVID-19 varian Omicron," kata Abdul Ghani Kasuba, di Ternate, Sabtu.

Dia menyebut, berdasarkan laporan harian per 26 Februari 2022 untuk total semua tahapan capaian vaksin COVID-19 untuk wilayah Malut mencapai 725.051 orang atau 75,99 persen.

Sedangkan, jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di wilayah Malut mencapai 13.352 orang, sembuh, 12.056 orang, meninggal dunia 308 orang, kasus aktif COVID-19 mencapai 988 orang, menjalani perawatan di RSU sebanyak 73 orang dan menjalani isolasi mandiri mencapai 915 orang.

Gubernur menyatakan, pemerintah secara serius dan upaya keras dalam menanggulangi virus COVID-19 varian omicron, tentu dukungan masyarakat juga  menjadi penentu keberhasilan dan selalu memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan terutama disiplin menggunakan  masker.

Menurut Gubernur, dari tim kesehatan baik Polda maupun Korem 152/Baabullah Ternate telah ikut berperan serta turun langsung ke daerah- daerah kabupaten untuk melaksanakan vaksinasi bagi masyarakat , guna menurunkan angka  virus COVID-19.

Tentu harapannya, agar pihak dinas kesehatan, rumah sakit  sampai pada tingkat puskesmas untuk selalu  mengantisipasi penyebaran virus Covid -19 varian Omicron dengan terus mendorong masyarakat agar segera melaksanakan vaksinasi terutama para Lansia dan anak -anak yang berusia di atas 6 tahun.

"Kita tetap berupaya agar kesadaran masyarakat dapat melaksanakan vaksinasi secara keseluruhan , sekalipun belum mencapai 100 persen tetapI, kita berada pada angka 80 atau 90 persen, sehingga roda perekonomian masyarakat  dapat  berjalan lancar," ujarnya.

Baca juga: IDI Malut minta Gubernur Abdul Gani dukung percepatan penanganan COVID-19, harus serius
Baca juga: Gubernur Malut diberi penghargaan capaian realisasi investasi 2021, patut diapresiasi

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022