Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy, menolak tawaran Rusia untuk berunding di Belarus dan menyarankan kota-kota alternatif, seperti Budapest dan Warsawa.

Zelenskiy menyampaikan penolakannya itu melalui sebuah video yang diunggah di saluran Telegram miliknya pada Minggu tak lama setelah Kremlin mengumumkan bahwa delegasi Rusia tiba di Belarus dan siap berunding dengan Ukraina di kota Gomel.

Dia mengatakan bahwa Ukraina siap berdialog dengan Rusia asal tidak di Belarus sebab Rusia telah melancarkan sejumlah serangannya dari Belarus.

"Kami menolak Minsk. Kota-kota lainnya bisa menjadi tempat pertemuan," katanya.

Baca juga: Putin izinkan operasi militer khusus di wilayah Donbass Ukraina, perang dimulai

"Kami ingin perdamaian, kami ingin bertemu, kami ingin menyudahi perang ... Kota lain apa pun akan cocok dengan kami, negara mana saja, yang wilayahnya tidak meluncurkan rudal ke arah kami," kata Zelenskiy.

Dia menambahkan bahwa Ukraina sudah mengajukan pertemuan di negara lain, seperti Polandia, Hongaria, Turki dan Azerbaijan, namun hingga kini Rusia menolaknya.

Baca juga: Militer Ukraina jadi target peretas Belarusia, perang cyber juga terjadi di Eropa Timur

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebelumnya mengatakan delegasi Rusia, termasuk perwakilan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan lembaga pemerintah lainnya, sudah tiba di Belarus.

Peskov mengatakan Rusia telah mewanti-wanti Ukraina bahwa selama pembicaraan nanti, mereka tidak akan menangguhkan operasi militer.

Sumber: Xinhua

Baca juga: Krisis Ukraina, Solusi Panas Untuk Perang Dingin Yang Berkelanjutan

Pewarta: Asri Mayang Sari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022