Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mendorong setiap desa di daerah itu mengaktifkan relawan kebakaran.

"Sebanyak 208 relawan di setiap desa, kelurahan, dan negeri di Kota Ambon telah dikukuhkan dan mengikuti pelatihan dasar pemadam kebakaran (Damkar) tingkat pertama tahun 2018," kata Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa di Ambon, Rabu.

Dia menjelaskan keterlibatan relawan agar saat terjadi kebakaran dapat melakukan tindakan penyelamatan, termasuk memberikan sosialisasi di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Partisipasi warga, katanya, diperlukan khususnya cara melakukan pencegahan secara preventif, karena kendala yang dihadapi petugas pemadam kebakaran yakni lokasi kebakaran di daerah yang jauh dan kondisi sulit dijangkau kendaraan.

"Peran relawan damkar serta masyarakat untuk membantu petugas memberikan pertolongan secara cepat," katanya.

Ia mengatakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong partisipasi warga sebagai relawan damkar di tingkat desa dan kelurahan.

Relawan damkar suatu organisasi sosial berbasis masyarakat yang secara sukarela berpartisipasi mewujudkan ketahanan lingkungan dari bahaya kebakaran. Relawan itu dibentuk secara nasional dari, oleh, dan untuk warga di lingkungan desa/kelurahan.

"Di Ambon telah terbentuk relawan kebakaran, yang terpenting saat ini adalah keaktifan relawan dalam membantu petugas memberikan pertolongan saat terjadi kebakaran di lingkungan," katanya.

Relawan kebakaran telah dilatih cara mengenal sifat-sifat api, penanganan masalah kebakaran di lingkungan tempat tinggal dengan bahan tradisional, serta Alat Api Tabung Ringan (APAR).

Relawan juga dilatih mengatasi kebakaran yang diakibatkan tabung gas, cara mengatasi kebakaran menggunakan mobil pompa atau portabel.

Para relawan ini diharapkan dapat menjadi Rakyat Yang Terlatih (Rapih) yakni menjadi mata dan telinga pemerintah ketika terjadi kebakaran di lingkungan tempat tinggal.

"Jika terjadi kebakaran di lingkungan para relawan ini diharapkan secara cepat menghubungi petugas, mereka adalah ujung tombak kita di lingkungan untuk menangani masalah kebakaran," kata Edwin.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022