Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI ) Provinsi Maluku melakukan kerja sama dengandua perguruan tinggi (PT) yakni Institut Agama Islam Negeri (IAIN) dan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon dalam rangka mendorong para mahasiswa mengembangkan usaha di kampus. 

Ketua BPD HIPMI Provinsi Maluku, Azis Tunny, di Ambon, Selasa, mengatakan, kerja sama ini dinamakan "HIPMI PT" , di mana dilakukan dalam rangka mendorong mahasiswa untuk melakukan usaha-usaha kecil sejak masih berada di lingkungan kampus. 

“Bagaimana HIPMI mengambil peran untuk bersama-sama dengan pemerintah membangun pola pikir atau paradigma mahasiswa agar ketika lulus tidak lagi mencari orientasi kerja, tetapi menciptakan lapangan kerja,” ujarnya.

Menurut Azis,  mahasiswa harus ada jiwa wirausahawan agar tidak terpaku untuk bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi berkeinginan sebagai pengusaha yang dapat menciptakan lapangan kerja sendiri kepada masyarakat. 

“Untuk itu pikiran ini harus diubah visi atau orientasi anak-anak muda Maluku harus dibangun jiwa wiraysahawan. Jadi tidak sekedar mencari pekerjaan, tetapi bagaimana dia bisa menciptakan lapangan pekerjaan,” katanya.

Azis menyatakan, ketika "HIPMI PT" masuk kampus, mereka akan membuat proposal bisnis untuk mendorong mahasiswa membuat usaha sederhana di dalam kampus, seperti percetakan. 

“Salah satunya usahanya misalnya percetakan karena sangat dibutuhkan mahasiswa. Tentu kalau mereka lulus mereka akan terbawa visi jiwa kewirausahawan . Jadi tidak lagi menjadi ASN, tetapi bagaimana menjadi pengusaha,” ujarnya.

Ia berharap, mudah-mudahan dengan terobosan "HIPMI PT" bisa mendukung usaha-usaha kecil mahasiswa di kampus.

“Itu nanti yang akan kita dorong ke depan. Mudah-mudahan 'HIPMI PT',  benar-benar nyata dalam aksi dan program lingkungan di kampus,”tandas Azis.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022