Keluarga Besar Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon menyalurkan 910 kilogram beras zakat fitrah kepada warga kurang mampu di sejumlah kawasan di Kota dan Pulau Ambon, Maluku, menjelang Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Hampir satu ton zakat sudah disalurkan oleh Panitia zakat Masjid Nurul Iman Lantamal kepada warga kurang mampu dan berhak menerimanya," kata Komandan Lantamal IX Ambon, Brigjen TNI Said Latuconsina di Ambon, Minggu.

Menurutnya, zakat tersebut dibagikan kepada warga kurang mampu di beberapa lokasi di Kota Ambon yakni di Waiheru, Kate-kate, Poka, Batu Koneng, serta di Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu dan beberapa desa di Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

"Panitia juga membagikan zakat kepada pondok pesantren, panti asuhan, anak yatim piatu dan warga kurang mampu," ujarnya tanpa menyebutkan jumlah penerima zakat tersebut.

Dia menyatakan, pengumpulan dan penyaluran zakat selain menindaklanjuti instruksi Kasal Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan TNI AL di mana pun dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, juga menjadi kewajiban seluruh personil Lantamal yang beragama Islam untuk melaksanakan salah satu rukun Islam demi tegaknya syariat Islam.

Pembagian zakat keluarga besar Lantamal itu juga dirasakan sangat berarti untuk membantu sesama saudara yang membutuhkan uluran tangan, karena terdampak pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir.

Said juga mengajak seluruh umat Muslim untuk menunaikan kewajiban membayar zakat dengan kedermawanan. "Mari bantu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan dengan berzakat. Inilah momen yang tepat untuk bergerak bersama dan saling membantu sesama," katanya.

Baca juga: IJTI dan Lantamal Ambon gelar vaksinasi COVID-19 di Kapal Panana, perkuat kolaborasi
Baca juga: Lantamal Ambon vaksin 8.923 orang dalam empat bulan terakhir, kejar target

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022