Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah Maluku bekerjasama dengan Lantamal IX Ambon menggelar vaksinasi COVID-19 untuk anggota TNI AL dan jurnalis, di atas Kapal Angkatan Laut Panana, Jumat.

Vaksinasi diadakan di atas Kapal Angkatan Laut (KAL) Panana di perairan Teluk Ambon, Maluku. Kegiatan itu dirangkai dengan buka puasa bersama, yang dihadiri oleh Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI Marinir Said Latuconsina.

Said mengatakan vaksinasi yang dirangkai buka puasa bersama ini adalah bagian dari upaya menjalin silaturahmi agar lebih akrab lagi dengan para jurnalis. Sebab, bagi Said, jurnalis merupakan mitra strategis bagi Lantamal IX Ambon.

“Berharap ada kerja sama lagi. Meski tanpa sadar, kerjasama terus dilakukan dengan para jurnalis. Jurnalis, ikut membantu mempublikasi berbagai kegiatan Lantamal IX Ambon, selama ini,” ujarnya.

Baca juga: AJI dan IJTI desak IAIN Ambon bentuk tim investigasi pelecehan seksual, begini penjelasannya

Menurut dia, berbagai kegiatan positif dari Lantamal IX Ambon selama ini telah diekspos dengan baik di media, diantaranya seperti kegiatan untuk percepatan capaian vaksinasi, maupun kegiatan lainnya.

Selama bulan Ramadhan tahun ini, lanjutnya, tim vaksinator dari Rumah Sakit AL dr FX Suhardjo Ambon memberikan vaksinasi untuk para pemudik yang hendak pulang ke kampung halaman di sejumlah pelabuhan di Pulau Ambon. Tercatat sudah ribuan orang yang divaksinasi.

“Saya berterima kasih atas dukungan dari para jurnalis, karena sudah memberitakan berbagai kegiatan dengan baik,” katanya.

Baca juga: Lantamal Ambon vaksin 8.923 orang dalam empat bulan terakhir, kejar target

Ketua IJTI Pengda Maluku, Imanuel Alfres Souhaly mengatakan, di masa pandemi vaksinasi adalah salah satu usaha (ikhtiar) agar jurnalis tidak terpapar virus Corona. Karena itu, dalam kegiatan vaksinasi ini IJTI juga melibatkan jurnalis media siber lainnya di luar organisasi profesi tersebut.

“Mobilitas jurnalis sangat tinggi, sehingga vaksinasi perlu agar jurnalis tak terpapar corona,” kata pria yang akrab disapa Noel ini.

Noel yang juga Kepala Biro Kompas TV Ambon ini menjelaskan, belasan jurnalis yang mengikuti vaksinasi tersebut mayoritas disuntik vaksin dosis ketiga atau booster.

Dia berharap, ke depan ada kerja sama strategis lainnya dengan Lantamal IX Ambon, terutama peningkatan kapasitas kehumasan yang akan bermanfaat untuk meningkatkan citra TNI AL khususnya Lantamal Ambon.

Baca juga: Lantamal genjot vaksinasi di bandara dan pelabuhan laut di Ambon, realisasi Serbuan Vaksinasi Maritim

Pewarta: FB Anggoro

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022