Ikan bakar, menjadi salah satu makanan favorit warga Maluku saat memilih libur Lebaran 2022 di Pulau Osi, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram bagian barat (SBB).

Sejumlah pedagang kuliner di Pulau Osi, Sabtu, mengatakan bahwa ikan bakar ini dijual sepaket dengan nasi, sayur, serta colo-colo yang dibuat dengan sedikit air, garam, cili, lemon, daun kemangi, bawang merah iris, dan sedikit minyak goreng. Ikan di Pulau Osi juga dijamin segar dan baru ditangkap dari laut.

 

“Kami jauh-jauh datang ke Pulau Osi selain menikmati keindahan alamnya, kami juga ingin makan ikan bakarnya sih, enak sekali,” kata salah satu pengunjung dari Ambon, Tanti, Sabtu. 

Menurutnya, Pulau Osi adalah tempat yang cocok untuk menikmati ikan bakar, karena disuguhkan langsung dengan pemandangan laut yang asri.

“Restorannya nyaman, apalagi lautnya bersih sekali. Ikan bakar jadi semakin enak disantap langsung di sini,” ujarnya. 


Baca juga: Objek wisata pantai Liang ramai pengunjung saat libur Lebaran

Sementara itu, penjual ikan bakar, Ariani mengatakan, ikan bakar per kilo dijual dengan harga Rp. 170 ribu sudah sepaket dengan nasi, sayur, dan colo-colo khas orang Maluku. 

 

“Kami jual sekilo Rp. 170 ribu, di semua resto di Pulau Osi harganya sama. Ikannya dibeli dari orang juga dengan harga Rp. 80 ribu per kilo. Jadi untungnya ga begitu banyak. Biar sedikit-sedikit yang penting memuaskan pengunjung,” kata Ariani.

Baca juga: Wisata Air Putri Waiyoho SBB dibanjiri pengunjung setelah H+1 Lebaran

Ariani mengaku, di hari-hari libur Lebaran begini, bisanya pendapatannya per hari Rp500 ribu hingga Rp1 juta. 

“Kalau hari-hari biasa paling Rp. 300 ribu sampai Rp. 500 ribu saja. Soalnya kan kalau hari Lebaran banyak pengunjung toh, apalagi yang datang keluarga besar, atau sekumpulan mahasiswa,” pungkasnya.

Baca juga: Objek wisata Jikomalamo Ternate ramai saat libur Lebaran

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022