Sebanyak 388 Jamaah Calon Haji (JCH) dari tujuh Kabupaten  tiba di Kota Ternate, Maluku Utara dan telah diinapkan di Asrama Haji Ngade Ternate untuk menunggu jadwal keberangkatan ke embarkasi Makassar.

Koordinator Bidang Acara dan Publikasi PPIHD Malut, Rahwan K Suamba di Ternate, Jumat mengatakan  tujuh kabupaten yang telah membawa calon haji ke Ternate, yaitu Kabupaten Halmahera Utara, Kabupaten Halmahera Timur, Kabupaten Halmahera Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Kabupaten Halmahera Halmahera Barat, Kabupaten Kepulauan Sula dan Kota Ternate.

Menurut Rahwan, berawal dari JCH Kabupaten Kepulauan Sula yang tiba di Pelabuhan Ahmad Yani pada pukul 05.30 WIT pagi langsung dijemput tim transportasi PPIHD menuju Asrama Haji kemudian JCH Kota Ternate pada pukul 06.08 WIT dari kantor Walikota Ternate menuju asrama haji.

Baca juga: Gubernur Maluku melepas 496 calon haji menuju daerah embarkasi, begini pesannya

Sementara, JCH Kabupaten Pulau Morotai yang menginap sempat menginap semalam di Hotel Sahid Bella juga langsung menuju Asrama Haji pada pukul 08.25 WIT.

Selanjutnya, di hari yang sama JCH Kabupaten Halmahera Barat berangkat dari pelabuhan Jailolo pada jam 09.38 WIT langsung menuju Asrama Haji disusul JCH Kabupaten Halmahera Timur yang tiba melalui bandara Babullah Ternate pada pukul 11.34 WIT juga langsung menuju asrama haji.

"Kemudian, JCH Kabupaten Hamahera Utara tiba di Ternate melalui Armada Semut Mangga Dua pada pukul 12.22 WIT langsung menuju asrama Haji dan JCH Kabupaten Halmahera Selatan tiba di pelabuhan Ahmad Yani pada pukul 15.34 WIT langsung dijemput panitia menuju asrama haji," ujarnya.

Baca juga: Uniknya tradisi mengantar naik haji di Waiheru Dalam Ambon

Dia menyebut, semua jamaah yang tiba di asrama haji langsung diterima di aula oleh panitia PPIHD Provinsi dan melakukan tes Swab PCR dan selanjutnya menuju kamar masing-masing yang telah ditetapkan. JCH juga langsung menerima sajian makanan siang dan beristirahat.

Sementara, Tim Advance PPIHD Malut yang berangkat lebih awal untuk melakukan persiapan di lokasi Asrama Haji Sudiang telah melakukan pengecekan sejumlah fasilitas yang akan digunakan JCH di Makassar seperti Bus Damri, Asrama dan Layanan Di Bandara Hasanuddin sekaligus menyerahkan dokumen Passport dan Visa Jemaah Calon Haji Maluku Utara kepada Tim Siskohat Embarkasi Makassar.

Baca juga: PPIHD Malut gelar apel siaga sambut kedatangan CJH

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022