Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, berpesan kepada Bintara dan Tamtama Polri yang baru dilantik agar dalam menjalankan tugas jangan pernah sekalipun menyakiti hati rakyat. 

"Hindari semua perbuatan tercela yang pada akhirnya kalian akan dipecat dengan tidak hormat. Saya minta kepada para orang tua agar selalu ingatkan anaknya agar menjadi polisi yang baik, polisi yang dicintai rakyat karena perjalanan tugas dan karir mereka masih panjang," kata Irjen Pol Lotharia Latif saat pelantikan 150 orang Bintara Polri gelombang pertama tahun 2022, di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon, Kamis (7/7).

Kapolda menyampaikan selamat kepada para Bintara dan Tamtama Remaja yang dilantik menjadi anggota Polri.

“Mulai hari ini pada diri Bintara dan Tamtama yang dilantik, sudah tertanam kewajiban dan tanggung jawab sebagai Bhayangkara Abdi Negara," kata Kapolda Maluku, saat menyampaikan amanat Kalemdilklat Polri Komjen Pol Ricko Amelza Dahniel.

Bhayangkara Abdi Negara, lanjutnya, bertugas untuk memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Kepada seluruh Bintara dan Tamtama, harus siap ditempatkan di semua satuan dan jajaran Polri. Dengan semangat dan motivasi untuk senantiasa memberikan darma bakti kepada institusi Polri.

Ia meminta personel Polri harus mampu beradaptasi dan terus belajar meningkatkan kemampuannya. Di mana, kemajuan teknologi menuntut masyarakat menjalani kehidupan berbeda di era 4.0 yang cepat tanpa batas saat ini.

Ia juga meminta para personil dapat memegang teguh, serta mengamalkan nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan bhayangkara. 

Selain itu, mereka juga diharapkan agar selalu membangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat serta perkuat sinergitas dengan TNI maupun pemerintah daerah, serta seluruh komponen bangsa untuk pemeliharaan kamtibmas yang kondusif.

"Tingkatkan selalu kemampuan dan pengetahuan untuk membangun diri agar tidak tertinggal oleh perkembangan jaman. Karena Polisi adalah kita, maka jadilah sosok panutan dan teladan bagi masyarakat bangsa dan negara," harapnya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimuri, Danrindam XVI/Pattimura, para pejabat utama Polda Maluku dan Pengurus Bhayangkari Daerah Maluku.

Baca juga: Sebanyak 150 bintara di Maluku ikut yudisium, Kapolda: Jangan khianati amanat yang diberikan

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022