PT PLN (Persero) membentuk Electric Vehicle Digital Services (EVDS) sebagai salah satu platform layanan kendaraan listrik.

Langkah ini dilakukan PLN untuk meningkatkan customer experience dengan mendigitalisasi dan mengintegrasikan semua sistem pelayanan pelanggan bagi pengguna ataupun calon pengguna kendaraan listrik.

EVDS diluncurkan PLN bertepatan dengan PLN E-Mobility yang merupakan pameran kendaraan listrik terbesar di Bali, Minggu (24/7). EVDS ini dapat menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan layanan terkait kendaraan listrik.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan dalam memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan, kami terus melakukan peningkatan layanan digital melalui PLN Mobile. EVDS ini nantinya sebagai one stop solution bagi masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik.

"Masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan layanan kelistrikan apalagi untuk kendaraan listriknya. Mau tambah daya, pasang baru, bahkan membeli kendaraan listrik ini bisa melalui EVDS yang terintegrasi dengan PLN Mobile," ujar Darmawan.

Baca juga: PLN konversi kompor LPG ke kompor induksi, sudah ada 1.000 unit yang beralih

PT PLN melanjutkan rangkaian PLN E-Mobility Day di Bali dengan menyelenggarakan konvoi kendaraan listrik yang dibuka langsung Direktur Utama PT PLN Darmawan Prasodjo di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Minggu.

"Kita akan mengadakan konvoi motor, sebenarnya ini adalah showcase (penampilan), bahwa saat ini Indonesia masih bergantung pada impor minyak impor BBM dan sudah waktunya kita menggantikan energi yang berbasis impor dengan energi yang berbasis pada kekuatan domestik yaitu listrik," kata Darmawan.

Sebelumnya, dalam rangkaian PLN E-Mobility Day, PLN bekerjasama dengan Komunitas Mobil Elektrik Indonesia (Koleksi) melakukan touring atau perjalanan kendaraan listrik dari motor listrik hingga mobil listrik dari Jakarta menuju Bali.

Selain melanjutkan konvoi di Denpasar, juga akan diadakan kegiatan di Mall Level 21 Denpasar usai berkeliling kawasan Renon dengan kendaraan listrik.

"Kemarin tim koleksi menunjukkan touring mobil listrik dari Jakarta sampai Bali dan puji syukur touring-nya berjalan lancar, menunjukkan bahwa showcase penggunaan energi yang ramah lingkungan yang lebih murah, dan domestik ini ternyata berjalan lancar," ujar Darmawan di hadapan media.

Baca juga: PLN pulihkan jaringan listrik di Seram Bagian Barat dan Maluku Tengah yang rusak akibat cuaca ekstrem

Melihat dari touring tersebut, Darmawan bersyukur bahwa berkat dukungan masyarakat, Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Provinsi Bali, dukungan terus mengalir untuk misi transisi yang digencarkan PLN.

Darmawan menuturkan bahwa penggunaan kendaraan listrik berupa motor maupun mobil mampu memotong separuh emisi CO2 yang terbuang, juga turut mengurangi penggunaan bahan bakar hingga seperempat dari penggunaan bahan bakar umum.

Baca juga: RS Pratama Maluku Tengah jadi pelanggan premium PLN, begini keuntungannya
 

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022