Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar kirab bendera Merah Putih dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia (RI), Rabu. 

Kirab bendera merah putih ini dilaksanakan oleh personel Polri dengan cara berjalan kaki sambil membawa 77 buah bendera merah putih, sesuai usia Republik Indonesia. 

"Apa yang kita lakukan hari ini semoga dapat bermanfaat bagi kejayaan Bangsa dan Negara," kata Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Syaipudin, di Ambon, Rabu. 

Ia mengatakan, selain kirab bendera tepat HUT RI ke-77 ini, Polda Maluku juga resmi memindahkan Pataka Salawaku Emarina, lambang Kepolisian Daerah Maluku, ke markas yang baru.

Baca juga: Sebanyak 77 penyelam Malut gelar upacara HUT Proklamasi di bawah laut

Gedung itu, kata Asep, sangat bersejarah di mana prajurit-prajurit Bhayangkara di Negeri Para Raja-raja ini telah mengabdikan bhaktinya. 

"Atas perintah bapak Kapolda Maluku kita akan melaksanakan tradisi dengan membawakan bendera merah putih sebanyak 77, sekaligus melambangkan hari Proklamasi yang ke 77 tahun," ungkapnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi penyemangat dan motivasi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepada masyarakat, bangsa dan negara.

"Perlihatkan kepada masyarakat bahwa insan Bhayangkara masih selalu siap menjaga keamanan, ketertiban, terlebih khususnya di Polda Maluku yang kita cintai ini," harapnya. 

Pelepasan peserta kirab bendera merah putih di Mapolda Maluku lama, dihadiri Dansat Brimob Polda Maluku, Kombes Pol Dostan Matheus Siregar, dan sejumlah Pamen Polda Maluku. 

Kirab bendera tersebut dimulai dari kawasan Batu Gajah, kantor lama Polda Maluku menuju gedung baru Polda Maluku di Tantui, Kota Ambon.

Karnaval bendera Indonesia itu ditandai dengan proses penyerahan dari Karo Ops Polda Maluku Kombes Pol Asep Syaipudin kepada Danton Kirab, Ipda Aditya Veda, Perwira Remaja Direktorat Samapta Polda Maluku.

Arak-arakan bendera merah putih berjalan aman dan lancar sampai di tempat tujuan yaitu markas Polda Maluku yang baru di Tantui. Para peserta kirab disambut Kayanma Polda Maluku, Kompol Umar Sahupala.

Baca juga: Danlantamal IX Ambon pimpin upacara HUT RI di bawah laut Pulau Saparua

Pewarta: Winda Herman

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022