Bank Maluku-Maluku Utara (BM-Malut) menjajaki rencana penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) serta bantuan peralatan perikanan bagi kelompok nelayan di Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah.

"Kami akan meningkatkan penyaluran KUR dan sekarang lagi dilakukan penjajakan di Tulehu untuk rencana memberikan bantuan mesin tempel bagi kelompok nelayan di sana," kata Direktur Utama BM-Malut Syahrisal Imbar di Ambon, Rabu.

Selain Tulehu, terdapat daerah lain yang juga menjadi perhatian perseroan seperti para nelayan di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, dan kabupaten/kota lainnya di Maluku.

Menurut dia, BM-Malut selaku BUMD milik Pemprov Maluku juga ingin berkontribusi membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan nelayan di daerah.

Baca juga: BRI Ambon salurkan KUR capai Rp450 miliar, dorong usaha


"Sebenarnya ada banyak tempat yang kita fokus untuk rencana meningkatkan penyaluran KUR bagi para nelayan, namun untuk nilai KUR nantinya akan ditentukan," tandasnya.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Maluku, Anos Yeremias meminta bank plat merah itu agar lebih meningkatkan penyaluran KUR kepada para nelayan di sejumlah kabupaten/kota.

"BM-Malut saat ini memilik cabang sampai ke berbagai kabupaten dan kota sehingga harus bisa membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat seperti yang dilakukan Bank Jawa Barat," ucapnya.

Saat ini, banyak nelayan di berbagai daerah seperti Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru, Seram Bagian Timur, atau Kabupaten Maluku Barat Daya yang sangat membutuhkan penyaluran bantuan KUR dari perbankan.

Bantuan pembiayaan ini penting mengingat potensi kekayaan alam bidang kelautan dan perikanan hingga rumput laut di kawasan Maluku maupun Maluku Utara sangat menjanjikan.
Baca juga: Legislator minta Bank Maluku-Malut tingkatkan KUR untuk nelayan

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022