Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menjamin kebutuhan minyak goreng bersubsidi di wilayah ini untuk memenuhi pasokan minyak goreng bagi masyarakat.

"Masyarakat akan mendapatkan minyak goreng bersubsidi melalui dua distributor akan menjual minyak goreng dengan harga Rp14.000 per liter," kata Kepala Seksi Usaha Perdagangan dan Pendaftaran Usaha Disperindag Kota Ternate, Lakamisi di Ternate, Sabtu.

Ia menjelaskan pasokan minyak goreng di wilayah Malut masih tersedia, menyusul masuknya minyak goreng curah bersubsidi sebanyak 11 kontainer, yang akan disalurkan melalui dua toko yaitu Toko Jempol dan Toko Manado.

Baca juga: Teten Masduki perkirakan harga minyak makan merah bisa hingga Rp9 ribu

Menurut dia, minyak goreng bersubsidi yang telah masuk ke Ternate mencapai 12.180 jerigen yang dimasukkan dalam 11 kontainer, sehingga kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi hingga beberapa minggu ke depan.

Kebutuhan minyak goreng curah bersubsidi ini dimiliki distributor CV Putra Wijaya Mandiri sebanyak 9 kontainer atau 9.540 jerigen per 20 liter dan PT Manado Putra Perkasa sebanyak 2 kontainer atau sebanyak 2.640 jerigen per 20 liter.

Oleh karena itu, ia meminta para pedagang maupun distributor minyak goreng curah agar tidak menimbun ataupun melakukan permainan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah, agar masyarakat tidak kesulitan mencari minyak goreng curah.

Baca juga: Mendag Zulkifli Hasan akan lepas 1.200 ton minyak goreng ke Maluku-Papua hari ini

Sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) minyak goreng curah yang diberlakukan sejak 16 Maret 2022, maka HET untuk 1 liter Rp14.000 hingga Rp15.500, sedangkan untuk minyak goreng kemasan senilai Rp52.000 per 2 liter.

Untuk itu, penyaluran minyak goreng curah dari distributor ke sub distributor dan ke konsumen harus terjamin tanpa gangguan, terutama ke masyarakat sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Baca juga: Mendag janji segera kirim minyak goreng ke Papua-Maluku dengan jumlah besar

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022