Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur terus membangun dan memperkuat sinergi dengan wartawan dari berbagai media, terutama dalam menyampaikan informasi berkualitas kepada masyarakat.

"Sinergi tidak hanya dibangun antar instansi tetapi juga sangat penting dilakukan bersama rekan-rekan wartawan sebagai penyalur informasi kepada publik," kata Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Zona Maritim Timur Laksamana Haris Djoko Nugroho di Ambon, Jumat.

Saat melakukan coffee morning yang dirangkai dengan kegiatan olahraga bersama insan pers di Maluku yang dipusatkan di Pangkalan Bakamla Ambon, Haris menjelaskan tugas dan kewenangan Bakamla dalam menjaga keamanan dan keselamatan di Maluku.

Baca juga: Bakamla Timur benahi aset yang mangkrak di Kota Ambon, perkuat koordinasi dengan KPKNL

"Kami membangun hubungan kerja sama dan berbagi informasi antara Bakamla Zona Maritim Timur dengan para wartawan," ujarnya. Haris Djoko juga menjelaskan, tugas dan kewenangan Bakamla dalam menjaga keamanan dan keselamatan di Maluku.

Berbagai kegiatan yang dilakukan Bakamla Zona Maritim Timur diantaranya operasi laut, SAR Gabungan, pemberdayaan masyarakat pesisir dan laut, hingga peningkatan sinergi dengan berbagai pemangku kepentingan.

"Jadi sinergi itu tidak hanya antar instansi vertikal dan horisontal, tetapi dengan wartawan juga sangat penting, sebab kerja wartawan hampir sama dengan tugas Bakamla. Kami tugasnya di laut, namun tidak bisa langsung meluncur di laut begitu saja, tetapi harus berdasarkan informasi dan wartawan adalah jendela jendela informasi sekaligus mitra Bakamla," ujarnya. 

Baca juga: Bakamla: penggunaan bom masih jadi ancaman kelestarian laut di Maluku, begini penjelasannya

Pihaknya juga melakukan pemberdayaan masyarakat maritim dan bantuan sosial serta pembentukan desa relawan penjaga laut nusantara (Rapala) Bakamla RI di Desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

Selain itu, sosialisasi pentingnya keselamatan kerja di kapal dan dokumentasi/sertifikat pendukung kelautan kapal Wilayah Zona Maritim Timur, sosialisasi tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi, sosialisasi pencarian dan pertolongan di laut, sosialisasi keamanan dan keselamatan laut, wisata peduli, serta penanaman manggrove.

Dia mengatakan, dengan personil dan armada yang dimiliki Kazona Timur saat ini, maka pastikan tugas-tugas dan kewenangan Bakamla dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan yuridiksi Indonesia, akan terus dioptimalkan sebagaimana visi dan misi Bakamla RI.

Baca juga: Bakamla - Pemkab Bursel kerja sama keamanan laut, antisipasi aksi ilegal

Pewarta: John Soplanit

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022