Gubernur Maluku Murad Ismail meminta seluruh prajurit TNI yang bertugas di wilayah itu untuk selalu menjaga kepercayaan yang diberikan masyarakat kepada institusi keamanan itu.

"Kepercayaan publik terhadap kinerja prajurit TNI semakin tinggi. Jadi saya mengimbau seluruh prajurit TNI untuk menjaga kepercayaan tersebut," kata Gubernur Murad saat memimpin peringatan HUT ke-77 TNI di Lapangan Lantamal IX Ambon, Rabu.

Baca juga: Puluhan kapal nelayan "sailing pass" meriahkan HUT ke-77 TNI di Teluk Ambon

Murad dalam kesempatan itu membacakan sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa yang memaparkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja TNI berdasarkan hasil survei yang dilakukan sejumlah lembaga berkompeten.

Beberapa hasil survei diantaranya oleh Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 24 Juni 2022 yang menempatkan TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2 persen.

Hasil Survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) pada 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93 persen.
Personil Yonif Raider 733/Masariku mengikuti parade HUT ke-77 TNI di Lapangan Lantamal IX Ambon, Desa Halong, Kota Ambon, Rabu (5/10). (ANTARA/Jimmy Ayal)


Baca juga: Anggota DPR: HUT TNI momentum perbaiki "pekerjaan rumah"

Begitu juga dengan lembaga survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) yang pada 27 September 2022 merilis hasil survei dukungan dan kepuasan Kinerja TNI terhadap Demokrasi sebesar 93,5 persen.

"Ini semua prestasi yang luar biasa. Kepercayaan masyarakat ini harus dijaga dengan bertindak dan berucap sesuai tugas pokok TNI," katanya.

Gubernur Murad dalam kesempatan itu juga menyematkan tanda kehormatan satya lencana kesetiaan 20 tahun, 16 tahun dan 8 tahun kepada masing-masing Kapten Inf Amirudin, Serda Mus Ilham Pribadi dan Praka Pieter Yanson Faudubun.

Sedangkan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa, menyampaikan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan dan kinerja seluruh prajurit TNI yang bertugas di lapangan.
Personil Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) mengikuti parade HUT ke-77 TNI di Lapangan Lantamal IX Ambon, Desa Halong, Kota Ambon, Rabu (5/10). (ANTARA/Jimmy Ayal)

"Saya menyadari masih banyak kekurangan serta kinerja yang belum dapat memuaskan semua pihak. Untuk itu selaku Pangdam mewakili seluruh unsur TNI di Maluku memohon maaf sebesar-besarnya kepada rakyat, dan berjanji terus berupaya melakukan perubahan serta perbaikan kinerja TNI yang kuat dan semakin dicintai rakyat," katanya.

Perayaan HUT TNI diikuti 1.368 personel yang dimeriahkan penampilan drum band Yonif Raider 733/ Masariku, parade prajurit TNI-Polri, PNS dan kendaraan tempur (Ranpur) TNI-Polri serta sailling pass KRI dan KAL yang berada di bawah jajaran Lantamal IX Ambon beserta 77 kapal nelayan. 

Baca juga: Presiden Jokowi instruksikan prajurit TNI tingkatkan profesionalitas
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022