Upacara Bendera memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58 tahun 2022, digelar Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) disertai penyerahan sejumlah bantuan guna meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah tersebut.

Giat upacara bendera dipusatkan di pelataran Puskesmas Ngilngof Kecamatan Kei Kecil, Selasa (15/11), dimana Bupati Malra, M Thaher Hanubun bertindak selaku Inspektur upacara, kemudian dilanjutkan dengan penyerahan sejumlah bantuan kesehatan usai upacara.

Thaher mengatakan, "Bantuan sejumlah fasilitas kesehatan hari ini yang diserahkan semata-mata untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sekiranya dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan baik,".

Baca juga: Pemkab Maluku Tenggara bantu bangun rumah yang rusak akibat bentrokan di Kei Besar

Bantuan-bantuan tersebut diantaranya, tiga (3) unit mobil ambulance yang memanfaatkan Dana Insentif Daerah tahun 2022, masing-masing diberikan kepada Rumah Sakit Hati Kudus Langgur, RSUD Karel Sadsuitubun Langgur, dan Dinas Kesehatan Malra, adapun mutasi ambulance dari Dinas Kesehatan bagi dua Puskesmas yaitu, Puskesmas Ngilngof dan Puskesmas Wab.

Alat Kesehatan yang bersumber dari Dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2022 bagi RSUD Karel Sadsuitubun senilai Rp8.771.946.495, Set Pemeriksaan Umum untuk Puskesmas Rumat, Elat, Banda Ely, Holat dan Weduar senilai Rp295.900.000,
Antropometri bagi 18 Puskesmas senilai Rp1.329.300.000.

Kemudian bantuan Bahan Medis Habis Pakai (BMHP) melalui DAK tahun 2022) untuk pengendalian Penyakit Menular dan Tidak Menular (P2P) diberikan kepada Dinas Kesehatan dan Puskesmas senilai Rp1.235.325.000.

Baca juga: Polisi kawal PLN perbaiki jaringan listrik yang rusak akibat bentrokan

Bantuan selanjutnya yakni, bantuan peralatan Elektronik PSC 119 senilai Rp250.000.000 bagi salah satu Tim PSC Dinas Kesehatan Malra, dan Alat Alat Sistem Telekonsultasi Puskesmas dalam bentuk USG dan perangkat komputer bagi puskesmas Ohoira, Rumat, Elat, dan Weduar senilai Rp850.768.000, serta bantuan USG yang merupakan Hibah Kementerian Kesehatan untuk Puskesmas Larat, Watsin, dan Puskesmas Debut. .

Laptop dan printer juga diberi bagi puskesmas perawatan Ngilngof dan Wab yang Bersumber APBD 2022 senilai Rp42.000.000, serta penyerahan sterilisatir (10 unit) yang merupakan mutasi alat Kesehatan dari RSUD Karel Sadsuitubun Langgur Ke Dinas Kesehatan Malra.

Sementara itu, pada upacara HKN ke-58 tersebut, dalam amanatnya Bupati Thaher membacakan sambutan Menteri Kesehatan RI, Budi Sadikin.

Baca juga: TNI bantu mediasi penyelesaian bentrokan antarwarga di Maluku Tenggara, jaga netralitas

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022