Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhammat Marasabessy menjanjikan bonus bagi para atlet daerah itu yang berhasil meraih medali di ajang Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) IV yang akan berlangsung di Ambon, 17-27 November 2022.

"Saya sudah menyediakan bonus untuk atlet yang berhasil meraih medali di ajang Popmal. Soal bonus yang disiapkan seperti apa itu masih dirahasiakan," kata Muhammat yang dikonfirmasi dari Ambon, Rabu.

Kabupaten Maluku Tengah menerjunkan 185 orang atlet yang akan berlaga di 15 dari 17 cabang olahraga yang dipertandingkan, dengan didampingi 40 pelatih dan 20 orang anggota satgas. Ke-15 Cabang olahraga yang akan diikuti yakni pecak silat, karate, kempo, taekwondo, atletik, tinju, voli, catur, futsal, tenis meja, esport, renang, wushu, balap sepeda dan panjat tebing.

Baca juga: 2.000 atlet dari 11 kabupaten/kota Maluku siap bertanding di Popmal

Muhammat yang juga menjabat Kadis PUPR Maluku itu, mengakui, bonus yang disediakan bukan merupakan tujuan akhir para atlet yang akan bertanding ajang multi cabang di provinsi Maluku, tetapi sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan dan prestasi yang diraih setiap atlet.

"Jadi saya sudah siapkan kejutan bagi atlet peraih medali di Popmal. Jadi seluruh atlet harus berjuang sebagai patriot bagi Maluku Tengah," katanya.

Ratusan atlet yang akan mewakili kabupaten bertajuk "Pamahanunusa" itu diingatkan menjunjung tinggi sportivitas di setiap pertandingan serta memupuk persatuan dan persaudaraan antar sesama atlet dari 11 kabupaten yang akan berlaga di ajang dua tahunan itu.

Menyangkut target, Muhammat yang akrab disapa Mat itu menyatakan, sebanyak-banyaknya yang bisa diraih para atlet, sehingga memberikan peluang untuk meraih juara umum, disamping meloloskan banyak atlet untuk mewakili Maluku di ajang Pra PON maupun PON 2024.

Baca juga: 1.500 personil gabungan siap amankan Popmal Maluku, begini penjelasannya

Dia mengakui, KONI Maluku Tengah sempat mengalami mati suri selama sembilan tahun terakhir, dan baru dihidupkan kembali setelah dirinya dilantik sebagai Pj Bupati Malteng pada 12 September 2022.

Dia bersyukur konsolidasi kepengurusan semua cabang olahraga di Maluku Tengah berjalan dengan baik dan lancar, sehingga jumlah atlet yang dipersiapkan mengikuti Popmal yang awalnya hanya empat cabang meningkat menjadi 15 cabang olahraga dalam waktu sebulan terakhir.

"Karena itu, kebangkitan ini harus diapresiasi seluruh atlet dan pengurus cabang olahraga dengan meraih prestasi gemilang di Popmal IV," demikian Muhammat Marasabessy.

Baca juga: Perbasi Kota Ambon optimis raih medali emas di Popmal IV

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022