PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Maluku dan Papua melakukan penguatan sistem kelistrikan di Kota Ambon, melalui pemberian tegangan listrik pada jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV GIS Passo - GI Sirimau.

Manager UPP Maluku, Nugroho Budi Sulaksono menyatakan kegiatan pemberian tegangan listrik SUTT 150 kV GIS Passo - GI Sirimau, GIS 150 kV Passo Bay Line Arah Sirimau, dan GI 150 kV Sirimau Bay Line Arah Passo.

"Pelaksanaan energize kali ini dilakukan setelah seluruh rangkaian tahapan, seperti dan commisioning dan ditandai dengan terbitnya Rekomendasi Laik Bertegangan (RLB) dari PT PLN (Persero) pusat sertifikasi," Katanya, di Ambon, Selasa.

Baca juga: PLN MMU siagakan 1.597 personil amankan pasokan listrik jelang Natal dan Tahun Baru


Ia mengatakan, proyek yang dilakukan telah mencapai tahap energize, merupakan jalur transmisi atau SUTT terdiri atas 40 tower yang membentang sepanjang 12,162 kilometer.

"Seiring dengan dilakukannya energize pada proyek ini, maka akan meningkatkan penguatan sistem kelistrikan khususnya di Kota Ambon," ujarnya.

General Manager Unit induk Pembangunan (UIP) Maluku dan Papua, Sukahar, mengatakan keberhasilan energize yang dilakukan Unit Pelaksana Proyek Maluku (UPP Maluku) merupakan wujud komitmen PLN dalam menyediakan pasokan listrik yang andal di Maluku, khususnya kota Ambon.

Baca juga: PLN tuntaskankan proyek rekonfigurasi SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon


"Ini merupakan lanjutan proyek, dimana sebelumnya pada Rabu (14/12) pukul 23.38 WIT, kami telah lakukan energize pada SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker - GIS Passo,"katanya.

Seluruh upaya dilakukan PLN dalam memperkuat sistem kelistrikan di Ambon, mengingat keandalan sistem kelistrikan memegang peranan penting dalam mendukung perekonomian di kota Ambon.

Sebagai komitmen PLN, SUTT dan GI 150 kV PLTMG Ambon Peaker - GIS Passo Sirkit 2 juga sedang dilakukan pengujian hingga berlanjut tahap energize dalam waktu dekat.

"Kami mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Ambon, seluruh instansi dan Lembaga Negara, serta seluruh lapisan masyarakat yang telah mendukung PLN hingga dapat menyelesaikan salah satu pekerjaan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan ini," kata Sukahar.


Baca juga: Terus Tingkatkan Pelayanan Ekselen di Kepulauan Maluku, PLN Gelar Customer Gathering

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022