Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) membangun 61 base transceiver station (BTS) di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) dalam mendukung ketersediaan infrastruktur telekomunikasi.

"Kami telah perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital dengan menyediakan 61 tower (menara) BTS 4G untuk mendukung pengembangan komunikasi di Pulau Halmahera," kata Kadis Kominfo Halbar, Sahmi S dihubungi di Ternate, Sabtu.

Dia menyatakan, dari 61 menara yang dibangun di Kabupaten Halbar, saat ini telah difungsikan sebanyak 38 dan sisanya tengah dilakukan pengerjaan.


Selain itu, kata Sahmi, pembangunan BTS di Halbar ini merupakan implementasi dari program Pemkab Halbar agar seluruh warga dapat mengakses jaringan telekomunikasi secara mudah dan nyaman.

Baca juga: Telkomsel rencana bangun 22 BTS baru di Tual


Oleh karena itu, Pemkab Halbar telah berkomitmen untuk mendukung pengembangan infrastruktur telekomunikasi, sehingga warga berada di daerah pedalaman bisa mendapatkan jaringan Telkomsel.

Sementara itu, Telkomsel memastikan ketersediaan konektivitas jaringan mobile broadband 4G/LTE dalam mendukung digitalisasi di sejumlah daerah wilayah Malut.

Manager Network Service Telkomsel Manado Robertho L.R ketika dihubungi menyatakan, Telkomsel perkuat konektivitas ini untuk mendukung kenyamanan pengalaman aktivitas digital di wilayah Malut seperti Kabupaten Halbar, Kota Ternate dan kota Tikep.

Dia mengatakan, Telkomsel berkomitmen untuk memastikan pengalaman aktivitas digital yang nyaman bagi masyarakat, oleh sebab itu telah dilakukan sejumlah optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan broadband 4G/LTE khususnya di Kota Tikep saat menggelar ajang nasional Sail Tidore 2022.

Untuk itu, Telkomsel berharap, pengalaman digital masyarakat juga akan semakin maksimal, terutama ketika menikmati dan mengabadikan momen perhelatan rangkaian ajang nasional di wilayah Malut.


Baca juga: Tidore akan bangun sembilan menara BTS

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023