Telkomsel merencanakan pembangunan Base Transceiver station (BTS) 4G sebanyak 22 titik lokasi baru di kota Tual.

"Kami pada 2020 merencanakan pembangunan new site sebanyak 22 titik lokasi baru, hingga awal Oktober telah terealisasi sebanyak 10 unit site baru yang sudah on air di kota Tual," kata Manager Network Service Ambon I Wayan Widastra, Selasa.

Ia mengatakan, kota Tual memiliki topologi kepulauan dengan sebaran penduduk yang terpisah antara satu pulau dengan lainnya.

Hal ini membuat tantangan tersendiri untuk menghadirkan akses telekomunikasi berkualitas di wilayah kepulauan.

"Adapun 10 site yang telah on air mampu menjangkau populasi sekira 11.600 orang, " katanya.

Wayan menjelaskan, rencana perluasan jaringan meliputi kecamatan dan Wermaktian Tanimbar Utara yang berada di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, serta perluasan bagian timur hingga utara Pulau Yamdena.

"Keseluruhan site baru yang hadir tersebut sudah dilengkapi dengan teknologi terdepan 4G LTE," ujarnya.

Saat ini katanya, Telkomsel telah menghadirkan lebih dari 600 lokasi site dengan jumlah BTS sekira 2.100 unit untuk melayani masyarakat di wilayah kota Ambon.

Dengan meningkatnya cakupan layanan broadband, terutama di wilayah Kepulauan Tual, diharapkan dapat turut mendorong peningkatan perekonomian desa, percepatan pembangunan daerah, dan juga membantu para pelajar serta guru untuk dapat melakukan kegiatan belajar mengajar secara daring di tengah pandemi ini.

"Walaupun kondisi topografi yang menantang, Telkomsel berusaha untuk terus bergerak maju menghadirkan layanan telekomunikasi berkualitas di segala lapisan masyarakat guna memenuhi layanan telekomunikasi dan solusi digital, " kata Wayan.

Bupati Maluku Tenggara Muhammad Thaher Hanubun mengapresiasi komitmen Telkomsel yang terus mengembangkan jaringan di wilayah Kabupaten Maluku Tenggara.

"Terima kasih banyak Telkomsel yang telah menjawab kesulitan masyarakat atau kerinduan masyarakat selama ini. Alhamdulillah dan Puji Tuhan Telkomsel hadir di wilayah Kei Besar dan Kei Kecil sebagian, ini sangat luar biasa dan sangat dirindukan masyarakat Maluku Tenggara, " kata Thaher.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020