Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon melantik dan melakukan Pengambilan Sumpah kepada 15 Dokter Baru yang berlangsung di Lantai II Ruang teater, Fakultas Kedokteran. 

 

15 dokter baru ini diambil sumpah dan dilantik oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon, Dr. Bertha Jean Que. 

 

“Kita telah melantik 15 dokter baru. Semua anak-anak saya beri motivasi untuk harus mengabdi. Habiskan jenjang karier untuk mengabdi terutama ke masyarakat kecil,” kata Bertha, di Ambon, Jumat. 

 

Menurutnya, kebutuhan masyarakat kecil di setiap daerah pelosok di kabupaten/kota Maluku masih sangat banyak. Dan para dokter baru harus dapat menjawab keresahan masyarakat kecil tersebut. 

 

“Entah satu atau dua tahun, mereka perlu mengabdi untuk masyarakat kecil. Jadi itu dulu, supaya bisa tahu bahwa banyak orang yang susah yang membutuhkan pelayanan para dokter,” ujarnya.

 

Ia berharap, 15 dokter baru ini dapat memegang teguh tanggung jawab masing-masing, serta mau ditugaskan di daerah yang jauh. 

 

“Kita yang harus ke mereka. Karena secara finansial kan mereka terbatas. Paling tidak kita membantu masyarakat yang tidak bisa menjangkau,” harap Bertha. 

 

Sementara itu, Rektor Unpatti Ambon M. J. Saptenno menyatakan,  bangga kepada para dokter baru. Menurutnya, para dokter baru harus siap ditugaskan di mana saja. 

 

“Ketika sudah menytakan diri sebagai dokter, maka harus siap dengan penuh suka cita ketika ditugaskan di kepulauan yang kecil. Kalian harus mengabdi tanpa pamrih. Dokter itu harus begitu. Harus siap ditempatkan di mana saja,” katanya. 

 

Ia mengaku, dokter yang lahir di Maluku adalah dokter kepulauan, maka harus berani melayani masyarakat yang ada di kabupaten/kota terluar. 

 

Ia meminta para dokter baru dapat berkolaborasi dengan semua pihak untuk menunjang fasilitas pelayanan kesehatan. 

 

“Saya harap ke depan, dokter ini bisa kerja di mana saja. Bisa ditempatkan di mana saja. Masa studi ini masih panjang. Kualitas harus diperhatikan, dan junjung tinggi kemanusiaan,” ucap Saptenno. 

 

Diketahui, 15 dokter baru ini merupakan dokter dari fakultas kedokteran Unpatti yang telah menjalani tahap pre-klinik dan profesi dokter selama kurang lebih enam tahun. 

 

Hingga saat ini, jumlah dokter yang telah diluluskan Fakultas Kedokteran Unpatti Ambon telah bertambah menjadi 350 dokter

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023