Kepolisian Daerah (Polda) Maluku meminta pengemudi pikap untuk tidak memuat penumpang, karena akan membahayakan keselamatan penumpang itu sendiri. 

Wakil Direktur Binmas Polda Maluku AKBP. Rositah Umasugi mengatakan, mobil pikap tidak untuk mengangkut manusia selain barang. Karena fungsi dari, mobil tersebut khusus untuk mengangkut barang.

"Bapak-bapak sebagai sopir itu bertanggung jawab atas keselamatan penumpang yang dibawa. Karena itu kewajiban Bapak-bapak semua untuk tetap mengingatkan penumpang untuk menggunakan sabuk pengaman dan untuk kendaraan pikap itu tidak diperuntukkan mengangkut manusia di bagian bak. Karena akan membahayakan keselamatan manusia," kata Rositah, di Ambon, Minggu.

Rositah juga mengingatkan para pengemudi mobil pikap agar dapat tertib di jalan dengan mematuhi semua ketentuan berlalu lintas.

"Bapak-bapak semua punya mata pencaharian adalah sopir, sehingga keselamatan itu sangat utama. Kita tidak minta kecelakaan tapi setidaknya kita sudah antisipasi," ingatnya. 

 

“Kami juga berharap Maluku khususnya Kota Ambon ini bisa aman dan sejahtera serta lalu lintas di jalan raya bisa lebih tertib lagi," Rositah menambahkan.

 

Sementara itu, salah seorang pengemudi mobil pikap, Ali Ismail meminta Polda Maluku turut menilang penumpang yang bandel karena tidak mau memakai sabuk pengaman. 

 

Ali mengeluhkan mengenai sistem tilang yang dikenakan karena tidak menggunakan sabuk pengaman. Ia juga menanyakan terkait proses balik nama kendaraan atau BPKB. 

 

"Kami kadang-kadang juga bingung karena kita sudah menggunakan sabuk pengaman tapi kadang juga penumpang yang di samping itu tidak mau pakai sabuk pengaman. Dan saat razia biasanya kita sopir yang disalahkan," katanya.

 

Ali berharap agar penumpang yang tidak mengikuti aturan juga dikenakan tilang. Sehingga pihaknya selaku sopir tidak selalu disalahkan.

 

"Kami berharap Bapak-bapak Polisi bisa memahami kondisi kami sebab kadang juga penumpang itu tidak mau ikut aturan, padahal sudah dibilang tapi itulah manusia, kami juga mencari nafkah jadi hanya kami ingatkan saja buat penumpang agar pakai sabuk pengaman," katanya mengeluh. 

 

Diketahui, Polda Maluku kembali menggelar Jumat Curhat, sebagai salah satu kegiatan implementasi program Kapolda Maluku yaitu "Basudara Manise" yang bertujuan untuk mendengar aspirasi masyarakat terkait Kamtibmas, berlangsung di Jalan Yos Sudarso, Kota Ambon.

 

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Direktur Binmas Polda Maluku AKBP. Rositah Umasugi. Ia didampingi Kasat Patroli Jalan Raya, Kompol Marianus Jatti dan Kasi Jemenopsrek Subid Kamsel Ditlantas Polda Maluku Iptu Kress Souisa.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023