Salah satu masjid tertua di Kota Ambon, Masjid Jami' menyediakan menu berbuka puasa gratis bagi siapa saja selama Ramadhan 1444 hijriah.

"Setiap hari selama Ramadhan memang selalu ada buka puasa bersama secara gratis di sini," ujar Imam Masjid Jami' Muhammad Nunlehu di Ambon, Rabu.

Menurutnya buka puasa gratis tersebut merupakan salah satu kebiasaan masjid yang berusia 163 tahun itu sejak awal didirikan.

"Setahu saya memang sudah menjadi kebiasaan dari dulu, ini jadi salah satu tempat singgah bagi musafir untuk berbuka puasa," kata dia.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ratusan gelas dan air mineral dalam kemasan sudah disiapkan pengurus masjid sejak pukul 17.00. WIT.

Gelas-gelas kosong tersebut nantinya akan diisi dengan minuman hangat atau dingin seperti teh atau aneka es lainnya.

Menu berbuka puasa di Masjid Jami' pun beragam mulai dari aneka bolu, takjil jajanan pasar dan tentunya kurma yang selalu disediakan.
Menu berbuka puasa di Masjid Jami' Ambon. ANTARA/DedyAzis


Takjil jajanan pasar tersebut diletakkan pada ratusan piring plastik dan baru dikeluarkan sekitar 15 menit menjalang adzan Magrib dikumandangkan.

Makanan dan minuman tersebut seluruhnya merupakan sumbangan jamaah atau warga sekitar masjid.

"Setiap harinya kurang lebih ada 200 orang yang berbuka puasa di sini. Selain mengajak warga bersedekah, ini juga menghidupkan masjid di bulan suci Ramadhan," ucapnya.

Salah satu mahasiswa asal Jawa Tengah, Rudi mengaku rutin berbuka puasa di masjid tersebut.

"Alhamdulillah menghemat pengeluaran bulanan, sekaligus bisa langsung shalat berjamaah," ungkapnya.

Selain berbuka puasa gratis selama Ramadhan, Masjid Jami' juga rutin menggelar tausyiah menjelang atau sesudah tarawih dengan jadwal   dua hari sekali selama Ramadhan.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023