Imam Besar Masjid Raya Al-Fatah Ambon K.H.R.R. Hasanussi mengingatkan anak muda agar memahami isi Al Quran sebagai pegangan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah syukur anak-anak sekarang sudah bisa baca. Tetapi yang arti dan pemaknaan Al Quran, itu yang perlu. Al Quran itu ada banyak persoalan di dalamnya sehingga orang Islam mestinya tahu tentang isi Al Quran,” kata dia di Ambon, Jumat.

Menurutnya, makna Al Quran besar, bukan saja sebagai sumber hukum tetapi akhlak serta pergaulan.

“Jadi dia bertahap. Jadi kalau baca bisa diarahkan ke artinya, sudah mengerti isinya, sudah bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari apa dari isi Al Quran, itu yang perlu,” ujarnya.

Ia mengatakan penyerapan serta pengertian mengenai isi Al Quran merupakan hal yang penting. Ayat demi ayat perlu dipahami sehingga umat dapat melaksanakan.

“Ayat bilang bagaimana, harus kita bikin seperti itu. Itulah yang harus kita ikuti pelan-pelan. Karena memang tidak bisa sekaligus,” katanya.

Ia berharap, anak muda muslim dapat menjadikan Al Quran sebagai pionir.

Ia mengimbau anak muda saling mengajak temannya untuk membaca Al Quran sehingga mereka akan terbiasa dan mencintai Al Qquran.

“Saya harapkan, Al Quran dijadikan pionir untuk mereka. Saya senang anak-anak ini sudah bisa baca Al Quran. Alhamdulillah Allah tuntut kita dengan Al Quran, supaya mereka juga bisa menjadi remaja-remaja penghuni masjid yang bertakwa kepada Allah, yang akhlaknya diterima, yang pergaulannya baik dengan sesama manusia,” kata Hasanussi.

Ia menambahkan manusia di dunia mudah digoda oleh iblis, maka dengan taat kepada Allah akan membantu manusia jauh dari godaan iblis.

“Pelan-pelanlah kita mengerti hal-hal semacam ini. Saya juga belum mengerti semua. Kita belajar sama-sama,” ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023