Ambon (Antara Maluku) - Perusahaan pelayaran PT Tanto Intim Line menyewa lahan seluas 10.856 M2 di kawasan pelabuhan Yos Soedarso dari PT.Pelindo Cabang Ambon, untuk menampung peti kemas (boks).

"Terpaksa kami sewa. Soalnya, tiap bulan boks yang kami bawa dari Surabaya dan Jakarta bisa dua ribuan, sementara kami tidak punya tempat untuk menampung dan bongkar muat," kata Kepala Cabang PT Tanto Intim Line, Surya Batubara, di Ambon, Selasa.

Menurut dia, lahan seluas 10.856 meter bujur sangkar itu bisa menampung 870 boks, susun dua.

"Ini cukup untuk mendukung kegiatan perusahaan, apalagi tiap bulan yang tidak terangkut bisa mencapai 400-450 boks," ujarnya.

Dia menjelaskan, dalam satu bulan PT.Tanto mengangkut boks dari Surabaya dan Jakarta sebanyak 2.000 unit berisi barang sandang dan pangan untuk keperluan masyarakat di Maluku.

Selama Januari-Juli, jumlah boks yang masuk sebanyak 14.000 unit, cukup meningkat dibandingkan dengan periode sama tahun 2010 yang sebanyak 12.000 unit.

Surya Batubara, mantan Kepala Cabang PT. Pelindo Cabang Ambon, mengungkapkan, total semua barang yang masuk ke pelabuhan Yos Soedarso Ambon dilayani empat perusahaan pelayaran.

"Perusahaan kami menangani sebanyak 65 persen, sisanya oleh tiga perusahaan lain," katanya.

"Target tahun ini 18.148 boks dan kami optimistis bisa tercapai," tambahnya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011