Direktur Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Provinsi Maluku dr. Sherly Yakobus memastikan seluruh tenaga P3K guru peserta tes kesehatan jiwa atau rohani terlayani hingga 30 April 2023.

"Batas waktu pelayanan untuk tes kejiwaan atau tes rohani bagi tenaga P3K ini kan sampai 30 April 2023, semua pasti terlayani," ujarnya di Ambon, Jumat.

Pihaknya mencatat saat ini sebanyak 1.500 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) tenaga guru lingkup provinsi Maluku, tengah mendaftar untuk mengikuti tes kejiwaan atau Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI).

Tes kesehatan jiwa dengan instrumen Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI) adalah tes psikometri yang digunakan untuk mengukur psikopatologi orang dewasa.

Tujuan dari tes ini adalah memberikan gambaran tentang dimensi-dimensi kepribadian dan psikopatologi yang penting dalam klinik psikiatri secara akurat.

Hal itu merupakan salah satu persyaratan utama bagi seluruh P3K tenaga guru untuk kelengkapan pemberkasan pegawai.

Ia pun meminta agar seluruh peserta tes MMPI P3K guru di RSKD Maluku dapat bersabar sampai mendapatkan giliran tes dan wawancara masing-masing.

"Semua pasti terlayani, semua pasti kebagian tes dan wawancara, sabar saja. Terkait hal itu kami pun sudah berkoordinasi dengan pihak BKD," ucapnya.

Pihaknya pun membagi jadwal tes MMPI tersebut menjadi dua sesi yakni pagi dan siang. Setiap sesi diikuti oleh sekitar 120 sampai 130 orang.

Saat ini total peserta P3K tenaga guru yang telah selesai mengikuti tes MMPI di RSKD Maluku telah mencapai sekitar 700 orang.

Sementara itu salah satu peserta tes MMPI tenaga P3K guru di RSKD Maluku, Salem mengatakan ia telah datang dari Kabupaten Buru selatan (Bursel) sejak 25 April 2023 untuk mengikuti tes tersebut.

"Saya datang ke Ambon sudah dari hari terakhir cuti bersama dan sudah daftar, tinggal tunggu antrean saja. Meski begitu saya paham dengan situasi ini, karena memang yang tes ribuan orang," ujar Salem.

Tak hanya Salem, banyak dari peserta MMPI P3K tenaga guru yang bahkan telah datang sebelum Idul Fitri 1444 hijriah.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023