Danrem 152/Baabullah Ternate, Maluku Utara (Malut) Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga memastikan pengamanan  Wapres Ma'ruf Amin saat berkunjung ke Maluku Utara terjamin dan  terus melakukan pematangan persiapan.

"Kunjungan Wapres Ma'ruf Amin dijadwalkan pada 10 hingga 12 Mei 2023  akan berjalan aman," kata Komandan Korem (Danrem) 152/Baabullah, Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga melalui Kepala Pusat Penerangan (Kapenrem), Mayor Inf. Anton Santoni usai rapat kesiapan dari Korem 152/Baabullah, Polda Malut, Lanal Ternate serta unsur pemerintah di Ternate, Jumat.

Dia menyatakan, persiapan oleh aparat keamanan baik TNI-Polri hingga Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi, Kota Ternate dan Tidore terus dilakukan. 

Ma'ruf Amin dikabarkan akan menghadiri seminar percepatan jalur rempah nusantara sebagai warisan dunia oleh Unesco  2024, karena Ternate dan Tidore merupakan titik nol atau epicentrum peradaban warisan dunia.

"Danrem terus melakukan koordinasi terkait dengan kunjungan Wapres di Maluku Utara," katanya.

Dia mengatakan, rapat persiapan pengamanan kunjungan RI 2 ini dilakukan, untuk bisa memastikan jumlah aparat keamanan yang akan bertugas melakukan pengamanan di sejumlah tempat yang menjadi sasaran kunjungan baik di Kota Ternate maupun di Kota Tidore nanti.

"Ada dua tempat yang menjadi kegiatan sehingga membutuhkan personel dan koordinasi lebih lanjut," katanya.

Personel yang terlibat dalam pengamanan RI 2 kata Anton, masih terus dihitung sesuai dengan rute dan lokasi kegiatan yang dimulai dari Bandara Baabullah, hotel maupun beberapa lokasi lain baik di Ternate maupun di Tidore. 

"Tentunya, yang pasti semua lokasi yang menjadi sasaran kegiatan Wapres akan menjadi tanggung jawab kita dibantu oleh Polri," katanya.

Kunjungan Wapres kata Anton, menjadi tanggung jawab dari TNI, sehingga Korem 152/Baabullah bisa menjamin keamanan kenyamanan Wapres selama melaksanakan kegiatan di Malut.

"Kalau untuk jaminan keamanan itu sudah pasti sesuai dengan amanat Undang - Undang termasuk dengan tamu-tamu negara lain yang tentunya dibantu oleh Polri dan dari Pemda," katanya.

Sebelumnya, Pemprov Malut menyiapkan dan mematangkan berbagai agenda untuk kunjungan kerja Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin ke wilayah Malut pada 10-12 Mei 2023 .
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023