Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku akan menggelar aksi bersih Pantai dalam menyambut Dies Natalies ke 41 fakultas tersebut.

"Bulan Juni ini akan ada kegiatan aksi bersih Pantai di sekitaran kampus dan melibatkan seluruh civitas akademika FPIK Unpatti dan warga sekitar," ujar Dekan FPIK Unpatti Dr  Y. Lopulalan, di Ambon, Sabtu.

Hal itu dikatakannya dalam acara menyambut Dies Natalies ke 41 Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) di Ambon.

Dies Natalies FPIK Unpatti sendiri diperingati oleh civitas akademika setempat pada 7 September setiap tahunnya.

Menurut Lopulalan aksi bersih pantai tersebut merupakan salah satu bentuk kecintaan civitas akademika FPIK Unpatti untuk wilayah pesisir dan perairan di teluk Ambon.

Olehnya itu, saat ini pihaknya tengah menggalakan kampanye aksi bersih pantai dengan mengajak masyarakat sekitar kampus melalui kegiatan lainnya seperti senam sehat dan jalan santai.

"Harapannya dengan aksi bersih pantai ini nantinya masyarakat juga bisa ikut menjaga dan melestarikan lingkungan di pesisir seperti yang kita inginkan bersama," ungkapnya.

Selain aksi bersih pantai sekitar kampus Unpatti, sejumlah kegiatan lainnya juga akan dilakukan FPIK dalam rangka menyambut Dies Natalies ke 41 yakni lomba essay, lomba video kreatif, hingga seminar dan loka karya nasional dengan tema 'Blue Economy'.

Sementara itu Wakil rektor bidang umum dan keuangan Unpatti Dr. J. Tjiptabudy berharap, dengan kegiatan yang dilakukan FPIK Unpatti dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan wilayah pesisir.

"Saya juga berharap semoga FPIK lebih baik lagi kedepannya," kata dia.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023