Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol  Lotharia Latif menyatakan pihaknya  siap menyukseskan pemilihan umum (Pemilu) 2024 yang aman dan damai. 

"Kami Polda Maluku dan Polres jajaran siap mengamankan dan mensukseskan Pemilu tahun 2024," kata Kapolda, di Ambon, Minggu.

Hal ini disampaikan nya saat menghadiri kegiatan Kirab Pemilu 2024 oleh KPU Provinsi Maluku, di depan monumen Gong Perdamaian Dunia, Kota Ambon.

Pada kegiatan kirab pemilu yang bertujuan untuk menyosialisasikan pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 tersebut, Kapolda Maluku, juga turut menandatangani Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

“Pelaksanaan kirab pemilu 2024 hari ini menandakan wilayah provinsi Maluku telah siap untuk menggelar pesta demokrasi lima tahunan tersebut,” ujarnya. 

Menurutnya, Pemilu 2024 akan berjalan aman, damai dan lancar, tergantung dari peran serta para pemangku kepentingan, serta semua elemen masyarakat, termasuk partai-partai politik selaku peserta pemilu.

"Kami harapkan adanya kerja sama semua komponen masyarakat, pemangku kepentingan, termasuk partai-partai politik untuk menjaga stabilitas Kamtibmas demi menyukseskan Pemilu yang berkualitas dan bermartabat," pintanya.

 Dengan mengusung tema  "Pemilu Sarana Integrasi Bangsa", kirab juga turut dihadiri Gubernur Maluku, Kasdam XVI/Pattimura, Forkopimda, Ketua KPU Provinsi Maluku, Penjabat Wali Kota Ambon, para pemangku kepentingan dan partai politik.

Pada kesempatan itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ambon bersama partai politik peserta Pemilu dan pemangku kepentingan di Kota Ambon Provinsi Maluku, mendeklarasikan komitmen Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa.

Pembacaan deklarasi dilakukan Ketua KPU Kota Ambon  M.Shadek Fuad dan diikuti partai politik dan pemangku kepentingan.

Deklarasi terdiri dari beberapa poin yakni penyelenggara, peserta dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu berkomitmen untuk mewujudkan Pemilu 2024 sebagai sarana integrasi bangsa.

Kedua,  penyelenggara, peserta dan seluruh pemangku kepentingan Pemilu berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

Ketiga,   berkomitmen melaksanakan Pemilu 2024 yang berintegritas dan bertanggung jawab, dan keempat, mewujudkan Pemilu 2024 untuk memasukkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023