PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Saumlaki melakukan sosialisasi pemanfaatan listrik aman dan produktif bagi warga Desa Romean Kecamatan Yaru Kabupaten Kepulauan Tanimbar Provinsi Maluku.

General Manajer PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Maluku dan Maluku Utara, Awat Tuhuloula menyatakan,sosialisasi wajib dilaksanakan PLN guna memberikan edukasi bagi masyarakat akan pentingnya pemanfaatan listrik secara aman dan produktif.

"Pemanfaatan listrik yang aman dan produktif sangat berguna bagi masyarakat dalam menunjang aktivitas masyarakat sehari-hari," kata Awat Tuhuloula di Saumlaki (Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar), Selasa.

Team Leader Pemasaran PT PLN (Persero) UP3 Saumlaki, Mansye Souhoka menjelaskan sosialisasi ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan listrik secara aman dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: PLN tidak menanggung biaya pemasangan PLTS atap

Pihaknya juga memberikan beberapa masukan dan langkah praktis tentang penggunaan peralatan listrik yang tepat, agar terhindar dari risiko kebakaran dan kecelakaan listrik.

“Pertama matikan listrik apabila tidak digunakan, jangan menyentuh saklar yang longgar, kemudian jangan menyentuh peralatan listrik jika tangan basah," katanya.

Selain itu jika terjadi gangguan kelistrikan, pelanggan bisa memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk menyampaikan keluhan yang terjadi karena melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan dengan cepat terhubung dengan petugas command center.

Ia menambahkan masyarakat juga bisa memanfaatkan promosi pelayanan listrik seperti perubahan daya yang PLN kepada pelanggan yang memenuhi syarat dan ketentuan.

“Berbagai program PLN yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, seperti subsidi listrik untuk pelanggan miskin dan program energi terbarukan,” tambahnya.

Pihaknya juga menjelaskan proses pasang baru listrik oleh PT PLN dan memberikan informasi tentang persyaratan dan prosedur yang harus diikuti oleh masyarakat.

"Hal ini memberikan peluang kepada masyarakat Desa Romean untuk dapat memiliki akses listrik yang lebih baik di rumah," ujarnya.

Baca juga: PLN sudah sediakan 616 SPKLU layani kendaraan listrik
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023