Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon memperkuat pengembangan ekonomi desa melalui pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) guna menunjang pemberdayaan masyarakat desa.

"BUMdes dibentuk agar masyarakat dapat melakukan aktivitas pemberdayaan dan ekonomi masyarakat berjalan dengan baik dan pembangunan desa dapat berlangsung atas peran serta masyarakat," Kata Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, di Ambon, Jumat (16/6).

Ia mengatakan Permendes Nomor 5 Tahun 2015 menyebutkan prioritas penggunaan dana desa untuk pembangunan desa harus memenuhi empat prioritas utama yakni pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana desa, pengembangan potensi ekonomi lokal dan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan.

Penggunaan dana desa untuk pemberdayaan masyarakat harus mampu meningkatkan kualitas proses perencanaan desa, mendukung kegiatan ekonomi baik yang dikembangkan oleh BUMDes maupun oleh kelompok usaha masyarakat lainnya, pembentukan dan peningkatan kapasitas kader pemberdayaan masyarakat desa.

Bumdes kata Bodewin, dapat dimanfaatkan menjadi mesin penghasil uang bagi negeri dan desa, karena itu harus muncul jenis usaha dari BUmdes.

"Jika semua usaha berkembang maka perekonomian desa akan semakin baik, pendapatan semakin meningkat pula dan anggaran bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari aspek pembangunan," katanya.
 
Ia mengakui dari 30 desa negeri di Kota Ambon, hanya dua negeri yang belum terbentuk Bumdes yakni Amahusu dan Hative Besar.

"Saya minta penjabat negeri segera dibentuk jika tidak ada bagaimana bisa terjadi peningkatan indeks desa membangun dari desa maju ke desa mandiri, karena persyaratan harus punya Bumdes," ujarnya.

BUMDes di Ambon bergerak di bidang perdagangan dan jasa, transportasi, perikanan, simpan pinjam, pariwisata, dan pengelolaan air bersih.

Penyertaan modal dari Bumdes melalui dana desa, tetapi tidak serta merta langsung diberikan, melainkan melalui analisa usaha Bumdes.

"Diharapkan melalui Bumdes potensi ekonomi desa dapat dikembangkan sehingga pendapatan asli desa bertambah dan membawa keuntungan," kata Bodewin.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023