Kepolisian Daerah (Polda) Maluku merenovasi sarana air bersih  pada 250 Kepala Keluarga (KK) yang berada di Dusun Hila Tanah Putih, Desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon. 

“Sarana air bersih yang direnovasi tersebut dibangun oleh Pemerintah. Namun karena mengalami kerusakan sehingga sudah tidak lagi berfungsi selama tiga tahun terakhir,” kata Kapolda Maluku Irjen Pol Lotharia Latif, di Ambon, Selasa. 

Hal ini dilakukan dalam serangkaian kegiatan sosial kemanusiaan untuk membantu masyarakat, menjelang hari Bhayangkara ke-77.

Ia mengatakan, penyediaan air bersih dilakukan setelah Polda Maluku merenovasi sarana kebutuhan vital masyarakat setempat. Sarana air bersih yang sempat digunakan warga pada tiga tahun lalu ini, mengalami kerusakan.

Renovasi yang dilakukan di antaranya memperbaiki bak penampung air yang rusak, mengganti mesin pompa air dengan yang baru, memperbaiki pipa air yang mengaliri rumah-rumah warga, dan bahkan memasukan listrik yang sempat diputus oleh PLN.

Masyarakat Dusun Hila Tanah Putih, kata Kapolda berada di dataran tinggi. Selama tiga tahun, kebutuhan vital tersebut mereka dapatkan dari air hujan dan sungai.

"Kalau hujan dengan intensitas tinggi maka mereka tidak dapat mengambil air sungai karena keruh dan kotor," ungkapnya. 

Dengan kondisi masyarakat tersebut, Polri, kata Kapolda, merasa terpanggil untuk menyediakan air bersih bagi masyarakat. Caranya dengan merenovasi sarana air bersih yang rusak tersebut.

Perbaikan sarana air bersih merupakan wujud nyata Polri dalam mendukung kesejahteraan masyarakat. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga hubungan baik dan harmonis antara kepolisian dengan masyarakat.

"Kita mulai lakukan pekerjaan renovasi selama 10 hari dari  8 Juni sampai dengan 18 Juni 2023. Dan Alhamdulillah, sarana air bersih sudah aktif kembali, dan bisa dinikmati. Kami berharap apa yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat," harapnya.

Kapolda berharap Pemerintah Daerah dapat membantu pemeliharaan sarana air bersih yang menjadi kebutuhan masyarakat di dusun Hila Tanah Putih tersebut.

"Kami harapkan masyarakat dapat merawat dan menjaganya dengan baik," pintanya.

Sementara itu Sekretaris RW Dusun Hila Tanah Putih Andre Pattiasina  yang juga selaku Ketua Komisi Air, menyampaikan terima kasih kepada Polri yang telah merenovasi sarana air bersih.

"Kami warga dusun Hila Tanah Putih menyampaikan terima kasih kepada Polri yang sudah merenovasi sarana air bersih kami yang terkendala, tidak jalan selama tiga tahun dari tahun 2020," ujarnya.

Setelah direnovasi oleh Polda Maluku, mulai hari ini air bersih sudah dapat dinikmati oleh ratusan orang warga di kawasan setempat.

"Hari ini air bersih sudah dapat diaktifkan kembali dan sudah mengaliri  250 KK, olehnya itu kami menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Polri," ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023