Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Maluku  menggelar pasar pangan murah di Kota Ambon untuk menstabilkan harga pangan menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriah.

"Ini salah satu instruksi gubernur, apalagi didukung oleh Badan Pangan Nasional, menjelang hari-hari besar semuanya, baik itu Islam atau acara besar Nasrani semuanya kita akan menggelar Gelar Pangan Murah," ujar Kepala DKP Maluku Ahmad Jaiz Ely di Ambon, Sabtu.

Pasar pangan murah tersebut akan difokuskan di pasar Batu merah Kota Ambon, selama dua hari yakni 26-27 Juni 2023.

Nantinya pada pasar pangan murah tersebut akan dijual bahan pokok seperti beras, minyak goreng, terigu, telur, gula dan lain sebagainya

Ia mengatakan , selain untuk menstabilkan harga bahan pokok dan bahan pangan gelaran pasar pangan murah juga bertujuan untuk menekan inflasi di daerah itu.

"Kita gelar langsung di  Pasar Batu Merah, biar para pembeli bisa langsung membandingkan harga di sana," kata dia.

Selain itu Ahmad Jais juga memastikan stok pangan di Maluku aman jelang  Idul Adha 1444 Hijriah

"Jadi kita menjamin bahwa Maluku  aman dalam sisi pangan apalagi menjelang Idul Adha," katanya.

Diperkirakan ketahanan pangan ini akan terus stabil sampai sekitar tiga hingga empat bulan ke depan lagi, baik bahan pangan pokok nasional maupun lokal.

Disamping itu DKP Maluku juga akan membuat Neraca Pangan dan Neraca Produksi. Jika sudah dibuat dengan baik, maka akan menjadi satu peta jalan dalam merumuskan semua kebijakan yang berkaitan dengan pertanian, perindustrian dan perdagangan, maupun pangan.

“Jadi dalam waktu dekat akan dilakukan pertemuan antara Dinas Ketahanan Pangan dan Disperindag Provinsi Maluku untuk pembuatan neraca pangan yang akan dipimpin oleh Ketua Tim Gubernur Percepatan Pembangunan (TGPP) Maluku,” katanya.

 Sebelumnya Ketua TGPP Maluku Hadi Basalamah juga meminta DKP Maluku agar membuat pedoman instrumen atau dashboard sistem informasi yang berbasis digital

Menurutnya hal itu guna memberikan informasi kepada publik agar dapat merespon kerja-kerja DKP yang termasuk dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan Pemerintah daerah (Pemda) berdasarkan sistem informasi harga yang dipasang di pasar sebagai bentuk edukasi kepada konsumen dengan proyek percontohan  pada Pasar Mardika.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023