Ambon (Antara Maluku) - Pesawat Merpati jenis Cassa 212 akan kembali melayani penerbangan perintis di Maluku, setelah sebelumnya sempat terhenti karena satu armada maskapai tersebut tergelincir di Larat, kabupaten Maluku Tenggara Barat pada awal Desember 2011.

Kabid Perhubungan Udara Dinas Perhubungan Maluku, John Rante, ketika dikonfirmasi, Jumat petang, mengatakan, penerbangan perintis pesawat Merpati diatur Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) di kota Tual.

"Saya diberitahukan paling terlambat pekan depan penerbangan perintis yang dilayani pesawat Merpati kembali beroperasi," ujarnya.

Pengaktifan kembali pelayanan penerbangan perintis setelah tim mekanik dari PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) mengevakuasi mesin di Larat dan memasangnya di pesawat yang lain.

"Jadi penerbangan perintis yang sempat terganggu dan meresahkan pengguna jasa armada udara itu karena hanya satu pesawat milik PT MNA yang beroperasi sudah teratasi," kata Jhon.

Dia memaklumi keresahan pengguna jasa penerbangan perintis yang dilayani PT MNA karena memang dibutuhkan untuk melayani sejumlah bandara di daerah kecamatan maupun kabupaten di Maluku.

Penerbangan di Maluku juga didukung pesawat jenis Cassa  yang dioperasikan PT Nusantara Buana Air (NBA).

PT NBA kembali menerbangi Maluku, setelah sempat dihentikan sementara oleh Kementerian Perhubungan sehubungan maskapai penerbangan tersebut jatuh di kaki pegunungan Bahorok, Langkat, Sumatera Utara pada 29 September 2011.

Pesawat NBA berkapasitas 20 tempat duduk (seat) kembali beroperasi pada 16 November 2011, setelah terhenti beroperasi sejak ti beroperasi di Maluku pada 1 Oktober 2011.

Jadwal penerbangan pagi biasanya Ambon - Banda - Amahai (Maluku Tengah), sedangkanpada siang Ambon - Namrole, Kabupaten Buru Selatan, provinsi Maluku .

Dia memastikan pesawat NBA kembali menerbangi rute - rute penerbangan perintis sebagaimana sebelum dihentikan Kementerian Perhubungan dalam rangka audit.

"Pesawat NBA menerbangi gugus Banda, sedangkan Kisar, Maluku Barat Daya dilayani pesawat Cassa 212 milik PT.MNA," kata John.

Maspakai penerbangan tersebut sesuai jadwal setiap Kamis menerbangi Ambon  - Namlea (Buru) - Namrole (Buru Selatan) dan Ambon - Wahai (Maluku Tengah), sedangkan Jumat menerbangi Ambon - Banda.

John menambahkan, pesawat NBA juga melayani penerbangan ke provinsi Maluku Utara setiap Selasa dan Sabtu, dengan rute Ambon - Sanana - Labuha - Ternate (Sabtu) dan Ternate - Labuha - Sanana - Ambon (Selasa).

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012