Khatib Shalat Idul Adha 1444 Hijriyah  Msjid Agung Al-Munawwar Ternate, Maluku Utara,  Dana Arif Lukmana menyebutkan prilaku Nabi Ibrahim untuk berserah kepada Allah SWT, sehingga berkurban merupakan wujud untuk hilangkan sifat ego, sombong dan dengki.

"Sehingga, berkurban merupakan sunnah ibadah yang mendekati kewajiban dan Nabi Ibrahim AS sebagai pemimpin seluruh umat sampai saat ini, telah melewati ujian melawan Raja Namrud mengaku tuhan dan pernah dibakar hidup-hidup, akan tetapi selamat," kata Dana Arif Lukmata saat menyampaikan pesan-pesan khutbah pada pelaksanaan Shalat Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023, Kamis.

Dia menyebut, sifat dermawan dan sabar telah ditunjukkan Nabi Ibrahim dan cobaan saat anak tunggalnya Ismail belum genap 11 tahun, Allah memberi pesan lewat mimpi untuk sembelih anaknya, makna hadapi apapun masalah sabar hadapi musibah dan ujian, harta diambil, hilang jabatan dan kehilangan orang terdekat.

"Bahkan, Nabi Ibrahim AS yang selama ini diklaim merupakan seorang Yahudi atau Nasrani tidaklah benar, tetapi Nabi Ibrahim AS seorang muslim yang bersujud kepala Allah SWT," ujarnya.
Suasana pelaksanaan shalat Idul Adha yang dipusatkan di Masjid Agung Al-Munawwar Ternate, nampak ratusan orang harus berada di teras masjid karena padatnya jamaah melaksanakan shalat Idul Adha, (29/6/2023). ANTARA/Abdul Fatah (Abdul Fatah)
Dalam kesempatan itu, setelah menjalankan ibadah shalat Sunnah Idul Adha yang dihadiri Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman dan menyaksikan penyembelihan 70 ekor kambing dan 5 ekor sapi untuk disalurkan kepada warga.

Sehari sebelumnya, ribuan warga di kota Ternate, menjalankan sholat Idul Adha 1444 Hijriah tahun 2023 dengan memenuhi kawasan masjid Darul Arqam Ternate merupakan sebagian besar warga Muhammadiyah di daerah ini.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Ternate, Abdurahman Usman mengatakan, banyaknya warga yang melaksanakan sholat di masjid Darul Arqam ini sudah menjadi pusat para jemaah di kota Ternate setiap momentum Idul Adha maupun Idul Fitri.

"Memang setiap tahun tapi di tahun ini jauh lebih banyak mulai dari sholat Idul Fitri hingga Idul Adha hari ini dan banyaknya jemah ini sehingga mereka harus melaksanakan sholat hingga di jalan raya," kata Abdurahman.

Sementara itu, Kepala Biro Operasi Polda Malut, Kombes Pol, Monang Maradu Zonir Simanjuntak menambahkan, pihaknya telah menerjunkan personal dalam rangka pengamanan masjid yang melaksanakan sholat Idul Adha akan dilakukan pengamanan dengan lima personel sesuai dengan jumlah jemaah yang meningkat.

Pengamanan ini lanjut Karo Ops, selain dari anggota Polda, Polres jajaran di 10 Kabupaten dan Kota juga melaksanakan pengamanan sholat hingga pemotongan hewan kurban, bahkan, pengamanan selain anggota Polda Malut Polres jajaran pun dilibatkan guna menjaga kondisinya Kamtibmas masing-masing.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023