Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara (Malut) menunjukkan prestasinya dengan meraih sejumlah penghargaan pada peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang berlangsung di Palembang, Sumatera Selatan.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Nuryamin kepada ANTARA, Rabu, usai penerimaan penghargaan mengatakan, keberhasilan yang diraih bukan semata-mata kerja BKKBN tetapi ini merupakan keberhasilan prioritas bersama terutama prioritas daerah karena yang melaksanakan kegiatan-kegiatan di lapangan adalah kabupaten/kota.

"Ini merupakan kebanggaan atau prestasi yang dilihat pemerintah pusat yaitu BKKBN melalui Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara," ujar dia.

Prestasi yang sudah diraih kata Nuryamin, harus lebih ditingkatkan lagi sehingga dapat memperlihatkan keseriusan dalam program Bangga Kencana terutama penurunan stunting di kabupaten/kota di Maluku Utara.

Baca juga: BKKBN Malut gelar lokakarya peningkatan kualitas gaya hidup milenial

Sehingga, dengan prestasi yang diraih oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara diharapkan tidak hanya sekedar penghargaan yang menjadi tolok ukur keberhasilan, akan tetapi harus ada indikator hasil yang dapat diperlihatkan seperti penurunan stunting, peningkatan peserta KB MKJP, Penanganan KB semakin baik di Malut.

Apalagi wilayah Maluku Utara merupakan daerah kepulauan memerlukan biaya yang mahal dalam melaksanakan kegiatan sehingga ke depan juga sangat diharapkan pihak swasta dapat ikut berpartisipasi dalam program Bangga Kencana terutama penurunan stunting di Maluku Utara.

Tiga penghargaan yang diperoleh itu juara 3 Provinsi Terbaik Tingkat Nasional Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) kelompok target lebih 15.000 akseptor, juara 2 Provinsi Terbaik Tingkat Nasional Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor (PSA) Total KB MKJP Kelompok Target 2.000 - 5.000 Akseptor dan juara 2 lomba Penulisan 1000 Artikel (LOPE SIRKEL) Golantang atas nama Markus Stewart Balamau dari Universitas Pasifik Morotai Maluku Utara dengan judul artikel Sahabat Pemuda Peduli Aksi Go Lansia Tangguh Dalam Terapan 3 Pilar 5 Mantra Menuju Ramah Lansia di Era Revolusi Society 5,0.

Di samping itu juga Kampung KB Fakatinyinga Kota Ternate menjadi Juara Harapan II Kampung Keluarga Berkualitas Terbaik Tingkat Nasional Tahun 2023 serta 3 Kepala Daerah dan 3 Ketua Tim Penggerak PKK dari Maluku Utara memperoleh Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN RI.


Baca juga: BKKBN Malut latih 123 orang fasilitator untuk percepatan penurunan stunting

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023