Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ternate  bersama dengan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas BPVP Maluku Utara (Malut) memberi pelatihan keterampilan  di bidang pengelasan dan pertanian berupa pembudidayaan bibit sayuran bagi warga binaan Lapas Ternate.

"Sebanyak 96  warga binaan lapas menjadi peserta pelatihan yang  digelar selama dua pekan di Pondok Asimilasi dan edukasi Lapas," kata Kalapas Ternate, Dedy Setiawan didampingi Kasi Kegiatan Kerja Effendi Abdullah beserta Jajaran pejabat struktural dan Staf kegiatan kerja, dari BPVP dihubungi di Ternate, Senin.

 Dedy mengapresiasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini karena merupakan bagian dari tugas Pemasyarakatan yakni memberikan bimbingan kemandirian sebagai bekal warga binaan saat bebas nanti 

"Saya juga imbau kepada para peserta pelatihan agar mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga hasil dari kegiatan ini dapat dirasakan oleh saudara semua," ujar Dedy. 

Menurut Dedy, program pelatihan pembudidayaan bibit sayuran juga mempunyai nilai ekonomis tinggi mengingat kebutuhan sayur di Ternate meningkat.

"Saya melihat sayuran ini sebagai prospek yang tinggi, nantinya hasil dari sayur ini selain sebagai dukungan terhadap program ketahanan pangan juga sebagai program peningkatan PNBP Lapas" katanya.

Selain, tanaman sayur dalam kegiatan tersebut juga telah memulai penanaman buah pepaya, karena buah pepaya ini juga memiliki prospek yang baik.

"Apalagi wilayah Ternate ini cukup panas, jika kita tanam buah pepaya saya yakin akan laku nanti," kata Dedy. 

Kegiatan dibuka secara simbolis dengan pengalungan tanda peserta kepada perwakilan peserta dan kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023