Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku mengirimkan empat atlet selam daerah ke Jakarta untuk mengikuti Bakal Kualifikasi (BK) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI.

"Kualifikasi akan berlangsung di dermaga pondok dayung Jakarta pada 21-23 Juli 2023," ujar Wakil Ketua IV KONI Maluku Jantje Haumasse dalam keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Senin.

Keempat penyelam yang akan mengikuti kualifikasi tersebut yaitu Astrid Teng, Vivi Pariury, Juan Karwur dan Asarya Rinsampessy.

Keempatnya akan berlaga pada nomor Orientasi Bawah Air (OBA) Five Point' Course dan OBA M Course putra dan putri.

Para penyelam diberangkatkan lebih awal agar mereka dapat beradaptasi dengan lokasi perlombaan. Hal itu juga dilakukan agar penyelam dapat memberikan hasil maksimal saat perlombaan.

Bakal Kualifikasi PON sendiri merupakan satu-satunya cara agar keempat penyelam tersebut mendapatkan tiket menuju pesta olahraga terbesar di Indonesia yakni PON yang akan dihelat di Aceh dan Sumatera Utara.

"Cabang olahraga selam pada PON Papua berhasil meraih satu medali perak pada nomor Five Point' Course Putri. Harapan kami Raihan tersebut dapat ditingkatkan lagi pada PON Aceh dan Sumatera Utara," kata Haumasse.

Haumasse pun mengingatkan para penyelam agar selalu patuh terhadap instruksi pelatih yang mendampingi yakni Pieter Manihin.

"Dengarkan dan patuh dengan instruksi pelatih maka kalian akan berhasil dalam Bakal Kualifikasi ini," tandasnya.

Sementara itu, walaupun BK cabang olahraga Selam pada PON XXI memperlombakan 25 nomor, namun atlet Maluku hanya mengikuti empat
nomor yaitu OBA Five Point Course Putri, OBA M Course Putri, OBA Five Point Course Putra dan OBA M Course Putra.

Penentuan kuota PON XXI/2024 yang lolos BK adalah OBA Five Point Course Putra, OBA Five Point Course Putri dan OBA M Course Putra masing-masing nomor diambil sedangkan OBA M Course Putri diambil peringkat satu sampai delapan terbaik. 
 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023