Ambon (Antara Maluku) - Persatuan Artis Musik Melayu Dangdut Indonesia (PAMMI) Cabang Maluku menggelar kontes "Dangdut Manise" untuk mencari bibit-bibit pedangdut muda di daerah ini.

"Pendaftarannya kegiatannya dibuka sejak 18 Februari dan berakhir Minggu (26/2)," kata Ketua PAMMI Maluku Hasan Marasabessy, kepada ANTARA di Ambon, Senin.

Menurut dia, Dangdut Manise merupakan program tahunan PAMMI Maluku, yang bertujuan menjaring pedangdut-pedangdut muda berbakat di Maluku, untuk dibina menjadi penyanyi profesional, tidak hanya di tingkat lokal, tapi juga nasional.

"Kompetisi ini merupakan program tahunan kami. Kami ingin menjaring bibit-bibit baru yang berkualitas, dan bisa mengembangkan musik dangdut di sini," ucapnya.

Marasabessy mengatakan, sedikitnya 32 orang peserta akan mengikuti audisi Dangdut Manise, pada 28 Februari nanti. Dalam kompetisi tersebut, akan dipilih 10 peserta terbaik yang berhak melanjutkan ke tahap grand final, 2 Maret 2012.

Kontestan terbaik yang lolos di babak audisi akan dibina secara khusus oleh PAMMI Maluku, dan dibuatkan album rekaman "Dangdut Manise", yang berstandar nasional.

"Mereka yang lolos babak audisi ini akan kami bina, dan disiapkan untuk kompetisi dangdut di tingkat nasional membawa nama Maluku," ucapnya.

Marasabessy menjelaskan, saat audisi nanti, selain lagu pilihan, para kontestan diwajibkan membawakan empat buah tembang dangdut yang telah disediakan oleh PAMMI Maluku, yakni Rembulan (Mansyur S), dan Maya (Muchsin Alatas) untuk peserta pria.

Sedangkan untuk kontestan perempuan, akan menyanyikan lagu Senyum Dan Hatimu yang dipopulerkan oleh penyanyi Ike Nurjanah, dan Semua Untukmu milik Machica Mochtar.

"Kami akan memilih tiga penyanyi terbaik di grand final. Juara satu berhak mendapatkan trophy bergilir PAMMI Maluku," katanya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012