Ternate (Antara Maluku) - Sebagian kegiatan Sail Morotai akan digelar di Kota Ternate, meskipun sesuai Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2012 lokasi pelaksanaan di Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

"Panitia Pusat Sail Morotai sudah menyampaikan bahwa sebagian kegiatan Sail Morotai pada September 2012 akan digelar di Ternate, tapi acara inti kegiatan itu tetap diselenggarakan di Morotai," kata Wakil Wali Kota Ternate Ir Arifin Djafar di Ternate, Rabu.

Kegiatan terkait Sail Morotai yang akan digelar di Ternate di antaranya Seminar Ekonomi Asia Pasifik yang akan melibatkan pemateri dari dalam dan luar negeri, baik dari kalangan birokrasi maupun akademisi dan pelaku usaha, selain itu kegiatan Fotografi bawah laut dan menyelam (Diving).

Bahkan, kata Arifin, kegiatan lomba kapal layar yang akan melibatkan lebih dari 100 kapal layar dari dalam dan luar negeri itu juga kemungkinan akan digelar di Ternate, karena kondisi perairan Pulau Morotai pada September diprediksi bergelombang tinggi.

Sebagian kegiatan Sail Morotai tersebut, terutama Seminar Ekonomi Asia Pasifik harus digelar di Ternate karena di Ternate telah memiliki sarana dan prasarana yang memadai, seperti tempat penyelenggaraan seminar dan akomodasi bagi para peserta.

Ia mengatakan, Pemkot Ternate telah melakukan berbagai persiapan untuk menyukseskan berbagai kegiatan terkait Sail Morotai yang akan dipusatkan di Ternate itu, di antaranya membenahi berbagai infrastruktur di daerah ini.

Berbagai objek wisata di Ternate, baik objek wisata peninggalan sejarah maupun objek wisata bahari juga dibenahi, karena para peserta Sail Morotai yang akan datang ke Ternate pasti akan mengunjungi objek wisata itu.

"Salah satu objek wisata peninggalan sejarah yang menjadi prioritas pembenahannya adalah Benteng Orange. Warga yang tinggal didalam kawasan benteng ini akan kita relokasi ke tempat lain," katanya.

Pemkot Ternate telah melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat serta Mabes TNI terkait relokasi warga pensiunan TNI-Polri yang tinggal di kawasan benteng tersebut, termasuk sejumlah fasilitas perkantoran milik TNI-AD yang ada di dalamnya.

Ia menambahkan, Pemkot Ternate bekerja sama dengan Kesultanan Ternate juga telah menyiapkan sejumlah kegiatan menyongsong penyelenggaraan Sail Morotai, di antaranya menggelar Festival Legu Gam pada awal April 2012.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012