Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku Daerah (AMGPM) Kota Ambon mencanangkan gerakan pembagian dan pengibaran bendera merah putih menyambut peringatan HUT ke-78 Proklamasi RI.

Pencanangan ditandai dengan penyerahan bendera Merah Putih kepada perwakilan camat dan lurah serta pengurus AMGPM di 21 cabang dan 103 ranting, agar bendera merah putih berkibar di seluruh penjuru kota Ambon.

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena, di Ambon, Rabu, mengatakan pembagian bendera merah putih bagi kader AMGPM Kota Ambon merupakan upaya positif untuk membangun rasa cinta Tanah Air dari seluruh warga kota Ambon.

Bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu seluruh masyarakat di wilayah NKRI, karena itu Pemkot memberikan apresiasi kepada jajaran AMGPM yang telah berkolaborasi dan berinisiatif untuk melakukan kegiatan menyongsong HUT RI ke 78.

Pembagian bendera merah putih katanya, sesuai dengan Surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum, tertanggal 29 Maret 2023 terkait gerakan pembagian bendera merah putih, sebagai salah satu bentuk tahapan pelaksanaan pemilu serentak tahun 2024.

Selain itu untuk mengantisipasi adanya gesekan yang dapat mengancam persatuan dan kesatuan bangsa, maka dianggap perlu untuk melaksanakan kembali gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023, yang dilakukan secara masif dimulai sejak 1Juni hingga 31 Agustus 2023.

Penjabat Waki kota mengatakan pembagian bendera merah putih bertujuan untuk menggugah rasa patriotisme dan meningkatkan semangat nasionalisme seluruh masyarakat Indonesia khususnya warga Kota Ambon.

Ketua AMGPM Daerah Kota Ambon Ivana Tuhumena menjelaskan sebagai bagian dari pemuda Indonesia AMGPM Daerah Kota Ambon tetap mengobarkan jiwa semangat dan tekad kuat demi kemajuan dan kelancaran pembangunan bangsa Indonesia.

Bagi kader AMGPM daerah Kota Ambon, bendera merah putih merupakan identitas, simbol dan alat pemersatu bagi masyarakat Indonesia.

"Karena itu gerakan pembagian bendera merah putih memberi pesan kita boleh berbeda dalam politik dan ekonomi, tetapi ada satu bendera persatuan yang mengikat kebersamaan yaitu bendera merah putih yang merupakan simbol kemerdekaan serta kebersamaan," katanya.

Gerakan pencanangan cadangan pembagian bendera yang dilakukan saat ini, penting untuk menambah cinta Tanah Air bela negara dan momentum menjelang HUT RI ke 78, dapat diteruskan bagi masyarakat di Kota Ambon khususnya AGPM daerah Kota dan diteruskan sampai di tingkat ranting.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023