Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menyurati  Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) atas dianulirnya salah seorang siswi SMAN 8 Ternate, Nanda Maulidya Capaska sebagai Calon Paskibraka (Capaska) tingkat pusat.

Kadispora Kota Ternate Sutopo Abdullah dihubungi di Ternate, Jumat menilai gagalnya siswi SMAN 8 Ternate, Nanda Maulidya sebagai capaska dan diganti dengan yang lain tidak sesuai prosedur.

"Untuk itu, kami telah menyurat dan memohon kiranya Kepala BPIP melalui Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi dapat meninjau kembali keputusan terkait penetapan Calon Paskibraka Provinsi Malut," ujarnya.

Menurut dia, kendati keputusan pergantian Capaska putri atas nama Nanda Maulidya yang digantikan dengan  cadangan atas nama Muftafia Asmar Badarab asal SMA Negeri 1 Kabupaten Halmahera Utara, adalah sepenuhnya kewenangan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), tetapi, penetapan capaska Pusat berdasarkan keputusan Kepala Dispora  Malut Nomor 800/018/ 2023 tertanggal 16 Mei 2023 yang menetapkan Nanda Maulidya Capaska Utusan Kota Ternate sebagai capaska tingkat Pusat  mendahului pemeriksaan medical check up (MCU)

Bahkan, surat BPIP RI Nomor : 2777/PE/07/2023/D5 Perihal : Panggilan Mengikuti Pemusatan Diklat Calon Pasukan Paskibraka  Bendera Pusaka (Capaska) Tingkat Pusat Tanggal 13 Juli 2023 dan Nomor : Pemberitahuan Hasil Seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka telah melalui pemeriksaan MCU  sebulan setelah penetapan Capaska Pusat Maluku Utara tepatnya pada pada 15 - 17 Juni 2023 dan penganggaran dibebankan ke masing-masing Capaska Pusat. 

Menurut dia, saat itu, Tim MCU Daerah Malut merilis hasil MCU atas nama Nanda Maulidya dengan predikat Memenuhi Standar Capaska Pusat dan hasil MCU Capaska Pusat dikirim secara online oleh admin Transparansi Paskibraka Badan Kesbangpol Provinsi Malut tertanggal 18 Juni 2023 melalui platform yang disediakan tim MCU pusat BPIP.

Bahkan, hasil verifikasi atas Hasil MCU Daerah oleh Tim MCU Pusat dilaksanakan semenjak penginputan hasil MCU selama 18 hari terhitung sejak  18 Juni sampai dengan 6 Juli 2023 dan pemberitahuan lisan oleh salah seorang staf BPIP bernama Sances ke Dispora Provinsi Malut yang kemudian diteruskan ke Dispora Kota Ternate pada 6 Juli 2023, Perihal hasil verifikasi MCU Capaska pusat bernama Nanda Maulidya dan segera meminta untuk melakukan pemeriksaan MCU untuk Cadangan Putri Capaska Pusat. 

Kendati demikian, seharusnya secara legalitas penyampaian melalui surat pemberitahuan tersebut dari tim MCU BPIP Pusat dengan melampirkan hasil verifikasi tim MCU Pusat, karena  pemeriksaan MCU Cadangan Putri Capaska Pusat dilaksanakan pada tertanggal 10 hingga 11 Juli 2023, pengiriman hasil MCU cadangan putri inprosedural, tidak melibatkan admin Badan Kesbangpol Provinsi Malut melalui dan berselang 2 hari Setelah Pemeriksaan MCU Cadangan Capaska Pusat.

Sementara itu, BPIP melalui Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi ditandatangani Rima Angristin melayangkan surat yang ditujukan kepada Sekretaris Daerah Maluku Utara, Sabtu (15/7).

Dalam surat yang ditandatangani Rima Angristin itu juga melampirkan hasil tes Nanda Maulidya. Surat itu menerangkan, standar kesehatan mata Capaska tingkat provisi 6/6 sampai 6/12. Sementara standar kesehatan mata Capaska tingkat pusat adalah 6/6 (mata normal). 

Hal itu berdasarkan petunjuk teknis BPIP Nomor 267/PE/02/2023/D5 tentang Standar Kesehatan Mata.

Sementara hasil pemeriksaan Medical Check Up (MCU) di daerah atas nama Nanda Maulidya yang diterima BPIP adalah mata menggunakan lensa Spheris S-1,5 ODS (kedua mata). Sementara pemeriksaan visus OD/OS 20/80 dan dalam surat yang ditandatangani Rima Angristin itu juga melampirkan hasil tes Nanda Maulidya.

Berdasarkan data di atas, maka yang bersangkutan Nanda Maulidya tidak memenuhi standar capaska tingkat pusat,” demikian bunyi surat yang dikirimkan Kepala BPIP dan ditembuskan ke Gubernur Malut itu.

Selanjutnya di tanggal yang bersamaan pada 13 Juli 2023, Deputi Bidang Pengendalian dan Evaluasi BPIP menandatangani surat perihal hasil Seleksi Paskibraka Pusat berdasarkan hasil MCU Daerah, maka Capaska putri atas nama Nanda Maulidya asal sekolah SMA Negeri 8 Kota Ternate digantikan dengan Capaska cadangan atas nama Muftafia Asmar Badarab asal SMA Negeri 1 Kabupaten Halmahera Utara

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023